Edmodo, aplikasi jejaring sosial untuk Guru dan Murid Belajar Berkolaborasi

Di sekolah, apabila kita benar-benar memperhatikan, selalu ada murid yang mendapat perhatian lebih dari guru. Ada yang diperhatikan karena pintar, bodoh, baik, nakal, atau berbagai kepribadian lainnya yang menonjol. Tapi, kebanyakan murid memilih untuk menjadi murid yang biasa saja. Tidak menonjol, tidak pernah mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan, tidak pernah mengemukakan pendapat, tidak pernah menjadi pemimpin kelompok belajar. Tentu saja mereka punya pendapat, tapi mungkin terlalu malu atau takut untuk mengemukakannya.

Buat geekgals yang kini berstatus sebagai guru atau pengajar, tidak usah merasa gagal dulu. Karena sekarang ada aplikasi Edmodo. Dengan menggunakan Edmodo, guru bisa mendorong para murid untuk mengeluarkan ide, pendapat dan pemikiran yang mereka tidak bisa kemukakan secara langsung di kelas.

Bagaimana Edmodo melakukannya?

edmodo_id geek girls blog_01

Edmodo adalah jejaring sosial terbatas dengan guru sebagai pusatnya. Murid dapat masuk kedalam sebuah circle di Edmodo hanya apabila diundang oleh gurunya, karena itu murid tahu bahwa orang-orang yang ada di circle tersebut hanyalah teman-teman sekelasnya. Semua orang di Edmodo adalah anonimus, termasuk guru. Karena itulah semua orang bisa dengan bebas mengemukakan komentar, pertanyaan, jawaban, ide dan pendapat tanpa harus khawatir mempermalukan diri sendiri.

Agar suasana di circle Edmodo tetap kondusif, guru akan menjadi semacam pengawas. Guru dapat memberikan poin untuk murid pengguna yang pendapatnya bagus dan berguna. Guru juga dapat memberikan hukuman kepada murid pengguna yang tidak sopan atau mengganggu. Di Edmodo, tidak boleh ada singkatan-singkatan semacam bahasa SMS atau twitter. Bahasa yang digunakan harus formal dan jelas. Orang tua murid juga bisa bergabung di circle Edmodo anaknya.

edmodo_id geek girls blog_02

edmodo_id geek girls blog_03

Pasar utama Edmodo adalah para guru dan murid sekolah yang belum legal menggunakan jejaring sosial populer semacam Facebook atau Twitter. Memiliki tampilan dan sistem interaksi mirip Facebook, Edmodo mengajarkan para murid mengenai tanggung jawab, sopan santun, toleransi, etika jejaring sosial dan hukuman sosial sehingga apabila waktunya tiba mereka bisa menjadi pengguna jejaring sosial yang bertanggung jawab. Selain itu secara tidak langsung mereka juga belajar untuk mengemukakan pendapat secara terstruktur dan menulis. Edmodo juga dilengkapi dengan banyak game dan aplikasi yang membantu murid untuk belajar dengan interaktif dan menyenangkan.

Edmodo tersedia dalam format web based, iOS dan Android. Geekgals yang saat ini statusnya masih pelajar, bisa lho mengusulkan kepada dosen atau guru untuk mulai menggunakan Edmodo. Sedangkan untuk geekgals yang sekarang berstatus sebagai pengajar, tertarik tidak untuk mulai menggunakan Edmodo?. Share pendapat geekgals di comment ya.

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

14 Responses

  1. Juliette says:

    wah keren…bukan pengajar sih, cuma tertarik aja karena akan bekerja di dunia pendidikan :)
    thanks ya Sissy

  2. Saifudin says:

    Boleh juga nih buat dicoba… kebetulan pas pengen :)

  3. Alhamdulilah….saya sudah menggunakan pemebelajaran edmodo berkat DIKLAT dari simolek, sekarang lebih mudah menyampaikan materi/modul pembelajaran.

  4. yuli says:

    Emang bagus pakai edmodo dalam pembelajaran online. Tapi pernah jg ssya pake thinkquest. Keduanya punys kelebihan dan kekurangan

  5. yuli says:

    Gimana caranya jika akan mengundang atau berhubungan dengan guru lain sekolah atau siswa dengan siswa sekolah lain atau grup lain ? Tolong bantu ya..

  6. anwar hozali says:

    gan, gmana cranya dapet poin banyak tanpa banyak2 buat posting?

  7. informatif sekali, respect :) jadi refrensi yang bagus ini untuk kegiatan belajar mengajar

  8. jual beli says:

    terimakasih banyak sharingnya, aplikasinya memang keren

  9. widi says:

    Bagaivmna cara mendapat poin yg banyak?

  10. rahman says:

    terima kasih materi daei web anda dapat membantu siswa,
    jangan lupa kunjungannya di materi edmodo berbasis web
    http://www.rahmansoft.tk/2015/11/kegiatan-belajar-7-menerapkan.html

  11. Gaga says:

    Jika guru dan murid anonimus, bagaimana guru dapat mengontrol itu siswanya yang mana? dan bagaimana contoh penilaian yang dimaksudkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1