Grumpy Cat, Bukti Keberhasilan Viral Branding Social Media

Geekgals pasti kenal dengan Grumpy Cat bukan?. Tapi tahukah geekgals kalau kucing berwajah merengut yang menjadi image dari ribuan meme di internet ini ternyata baru saja mendapatkan kontrak untuk menjadi spokescat untuk produk makanan kucing Friskies?.

grumpy-cat-frieskies_id-geek-girls-blog

Fenomena Grumpy Cat bisa jadi merupakan awal dari perluasan image sebuah meme, meluaskan kepopuleran di dunia maya dan mendapatkan profit di dunia nyata. Adalah cukup menarik bahwa dari puluhan model meme, yang sebagian besar adalah manusia, ternyata justru seekor kucinglah yang mendapatkan ketenaran terbesar. Walaupun bisa jadi hal ini bisa terwujud berkat insting bisnis yang kuat dari pemilik Grumpy Cat.

Grumpy Cat, yang memiliki nama asli Tardar Sauce, memulai ketenarannya pada saat fotonya di posting di social media Reddit pada tahun 2012. Di Indonesia, kebanyakan orang mengenal Grumpy Cat dari meme-nya di situs 9Gag. Blog Fastco Company sendiri mencatatkan bahwa Grumpy Cat saat ini memiliki 1,3juta Facebook Fans dan 112.000 Twitter followers. Angka yang fantastis bukan?.

Fakta bahwa kucing adalah hewan peliharaan terbanyak di dunia masih tidak menjelaskan mengapa kucing begitu populer di internet. Banyak blog yang berusaha membahasnya, mulai dari sudut pandang marketing hingga psikologi. Satu hal yang pasti, kemampuan membaca situasi dan melihat selera pasar menjadikan Grumpy Cat sebuah brand yang mungkin bisa besar di dunia maya dan nyata.

grumpy-cat-meme_id-geek-girls-blog

Apabila dilihat dari sudut pandang sebuah brand, manajemen dibelakang Grumpy Cat tidak perlu bekerja banyak. Para netizen sudah melakukan sebagian besar hal yang seharusnya dilakukan para marketer di dunia nyata. Para Netizen membantu Grumpy Cat menjadi viral dengan membuat meme dan menyebarkannya di social media. Tanpa disadari, mereka juga membentuk image Grumpy Cat.

Sekarang, yang perlu dilakukan oleh manajemen Grumpy Cat adalah mempertahankan viralitas Grumpy Cat di social media. Lalu mematangkan dan menjaga image nya. Apabila didukung dengan kemampuan memilih kerjasama dengan brand yang tepat, Grumpy Cat bisa menjadi superstar bagi para pecinta meme dan kucing.

Apakah metode branding melalui meme ini bisa dipraktekkan untuk produk atau manusia?. Tentu saja. Seperti yang idGeekGirls pernah jelaskan, geekgals bisa memulai dengan menentukan identitas, konten dan interaksi yang akan geekgals gunakan di social media. Apabila ingin terkenal melalui meme, geekgals bisa memfokuskan pada website semacam 9Gag atau Reddit. Jalan geekgals mungkin lebih berat, bagaimanapun juga Grumpy Cat tidak akan peduli mukanya dipajang di ribuan meme yang negatif. Sedangkan seseorang mungkin akan langsung merasa kesal. Tapi tentu saja ada resiko untuk setiap pilihan.

grumpy-cat-grumppuccino_id-geek-girls-blog

Sebelum menjadi Spokescat untuk Frieskies, Grumpy Cat telah memiliki halaman Wikipedia sendiri dan tampil di sampul Wall Street Journal. Grumpy Cat juga telah memiliki line minuman kopi yang dinamakan Grumppuccino. Ia juga diberitakan telah mendapatkan deal film Hollywood. Frieskies sendiri tampaknya ingin memanfaatkan kepopuleran Grumpy Cat untuk mempromosikan Frieskies Award Show, sebuah acara semacam Piala Oscar untuk video kucing. Tampaknya Grumpy Cat akan segera menjadi the world’s busiest cat.

Source: FastCo Company

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1