3 Penyebab Kanker Rahim Menurut Medis Yang Harus Diwaspadai

Rahim adalah organ yang sangat penting bagi wanita. Sebagai organ reproduksi wanita, rahim memungkinkan wanita memiliki keturunan. Namun kadang terjadi masalah kesehatan pada rahim. Banyak penyebab kanker rahim yang disebabkan oleh beberapa faktor. Ketika rahim wanita mengalami infeksi bakteri atau virus, kondisinya menjadi tidak stabil. Selain kondisi rahim menjadi tidak maksimal untuk pembuahan ovum oleh sperma, beberapa faktor justru akan menumbuhkan kanker rahim yang mematikan.

Tidak sedikit wanita Indonesia harus kehilangan nyawanya karena kanker rahim. Secara medis, hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan kanker rahim. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan pencegahan. Beberapa cara yang dianjurkan adalah memeriksakan secara rutin kesehatan rahim, waspada terhadap gejala-gejala penyakit di rahim yang bisa jadi salah satunya adalah kanker rahim dan menjaga pola hidup sehat.

Virus atau bakteri yang menempel di mulut rahim selama ini selalu dituding sebagai penyebab utama kanker rahim. Akan tetapi, walaupun virus memang menjadi salah satu faktornya, sebenarnya sampai saat ini penyebab utama kanker rahim belum benar-benar diketahui. Apabila geekgirls merasa berpotensi menderita kanker rahim, misalnya karena ada keturunan di keluarga atau aktif secara seksual terlalu dini, baiknya geekgirls kenali penyebab kanker rahim secara dini, terutama pendapat-pendapat yang diungkapkan oleh peneliti kanker dari kalangan medis.

idGeekGirls rangkum 3 faktor yang dipercayai secara luas sebagai penyebab kanker rahim yang harus geekgirls waspadai:

Hubungan seks diusia dini

Menurut hukum pernikahan di Indonesia, perempuan dianjurkan menikah diatas usia 17 tahun. Tapi kenyataannya, sangat banyak perempuan Indonesia yang menikah sebelum mencapai usia tersebut. Padahal, anjuran pemerintah tersebut sangat tepat untuk mendukung kesehatan reproduksi wanita. Sebelum mencapai usia 17 tahun, tubuh termasuk rahim, sel telur dan sel-sel di mulut rahim masih berkembang secara signifikan. Untuk mencapai fungsi dan kesehatan yang maksimal, sebaiknya selama masa perkembangan tersebut rahim tidak bersentuhan atau dimasuki benda asing dari luar tubuh. Pernikahan dan hubungan seks yang terlalu dini dapat memicu kanker rahim karena kerentanan dan kecepatan perubahan di rahim pada masa pertumbuhan justru mempercepat pertumbuhan sel kanker apabila terjadi infeksi.

HPV (Human Papilloma Virus)

Beberapa penelitian mengatakan bahwa virus HPV adalah pangkal pokok penyebab kanker rahim. Walaupun juga terbukti bahwa terinfeksi HPV tidak berarti akan langsung menjadi kanker rahim. Pada wanita terserang HPV, kekebalan tubuh akan menyembuhkan infeksinya. Tetapi pada sebagian kecil wanita, HPV-nya tidak mati, justru hidup hingga bertahun-tahun di dalam rahim. HPV yang hidup di rahim ini dapat mengubah sel-sel di rahim menjadi kanker, tetapi pada sebagian besar wanita sel-sel kenaker ini akan dimatikan oleh tubuh di tahap awal perkembangannya. Hanya sebagian kecil penderita yang kankernya akan berkembang menjadi bentuk yang ganas. Saat ini sudah tersedia vaksinasi untuk mengatasi HPV yang bisa didapatkan di dokter-dokter kandungan.

Nikotin

Diluar kepercayaan umum, nikotin belum terbukti menyebabkan kanker rahim. Tetapi rokok mengandung lebih dari 70 (beberapa sumber menyebutkan hingga lebih dari 100) zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Karena ini lah wanita yang merokok lebih rentan terserang kanker rahim. Walaupun belum terbukti menyebabkan kanker rahim, nikotin sudah terbukti memico proses EMT (epithelial-mesenchymal transition) yang merupakan tahap awal perkembangan sel menjadi sel kanker yang ganas. Nikotin juga mempercepat perkembangan sel termasuk sel kanker dan tumor serta mengurangi efektifitas obat-obat kanker.

Menyeramkan sekali ya geekgirls. Nah, ternyata ini baru sebagian saja penyebab kanker rahim lho. Geekgirls bisa mengenali penyebab kanker rahim lainnya dari GueSehat.com tempat terbaik untuk geekgirls berbagi dan membaca pengalaman orang lain seputar kesehatan. Geekgirls bisa menemukan beragam info seputar kesehatan, wanita dan gaya hidup yang akan membuktikan bahwa menjadi sehat itu mudah.

Jangan lupa share tips geekgirls menjaga kesehatan dari kanker atau pengalaman geekgirls sebagai survivor kanker di comment.

Source 1
Source 2

You may also like...

3 Responses

  1. echaimutenan says:

    Hikz kanker ini bener2 bahaya ya buat kita 🙁

    Semoga sehat2

  2. Yati Rachmat says:

    Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Iya, kan. Jd jagalah alat kewanitaan kita sebaik yg kita bisa maksimalkan.

  3. Zia says:

    Waspada kanker rahim sedini mungkin. Perlu kita sharing edukasi mengenai hal ini karna masih banyak yang awam tentang masalah kanker rahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1