Menjadi Food Blogger profesional: Step 4. Teknik SEO Mudah Untuk Food Blog

idgeekgirls_food-blogger_01

Artikel ini adalah bagian keempat dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Banyak yang bermimpi menjadi food blogger. Bayangan bisa makan gratis atau mencoba menu baru yang belum dijual untuk umum tentu terdengar sangat menyenangkan. Tetapi sayangnya food blogging tidak terbatas sampai tulisan yang menarik. Geekgals harus menguasai SEO agar tulisan geekgals bisa muncul diurutan yang cukup tinggi di Google Search.

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik penulisan blog agar artikel yang geekgals tulis dapat terindeks oleh Google. SEO yang baik akan menaikkan posisi blog geekgals di Google Search. Hal ini sangat penting, karena kebanyakan orang hanya mencari sampai halaman 3 sebelum memutuskan untuk mengganti keyword pencarian. Sayangnya SEO memang bidang yang cukup ribet dan detail.

idGeekGirls sendiri bukanlah ahli dalam bidang SEO, ada orang-orang yang memang berprofesi meningkatkan SEO. Tetapi ada beberapa teknik SEO mudah untuk food blog yang geekgals dapat langsung praktekkan:

  1. Keyword & Judul
  2. Links
  3. Plugin & Tools

Keyword & Judul

Pada saat geekgals menggunakan Google Search, geekgals melakukan pencarian dengan mengetikkan keywords. Keywords sangatlah krusial bagi blogger, dan umumnya dengan memfokuskan pada menggunakan keywords yang banyak dicari di Google Search.

Ada 2 cara yang umum digunakan: Google Trends atau Google Search.

idgeekgirls_tips-food-blogger-profesional_teknik-seo-untuk-food-blog_google-trends

Dengan menggunakan Google Trends, geekgals dapat mengetahui topik apa yang paling banyak dicari di Google saat ini, dan geekgals bisa menyesuaikan topik blog geekgals dengan trending topics tersebut. Geekgals juga dapat mencari topik khusus dengan mengetikkannya langsung.

idgeekgirsl_tips-food-blogger-profesional_teknik-seo-untuk-food-blog_google-search

Dengan menggunakan Google Search, geekgals dapat mengetahui topik yang paling banyak dicari dengan mengetikkan topik tersebut di kolom search kata-perkata lalu tunggu suggestion (usulan) dari Google. Keywords yang diusulkan Google umumnya adalah keyword yang banyak dicari.

Keywords baiknya merupakan kombinasi kata sepanjang 2-5 kata, harus diletakkan di judul, paragraf pertama dan paragraf terakhir artikel food blog geekgals. Apabila geekgals dapat mengulanginya beberapa kali lagi dalam keseluruhan artikel, lebih baik lagi. Tetapi tidak perlu terlalu banyak, karena algoritma Google dapat memblog artikel yang terlalu banyak mengandung keywords.

Jangan lupa untuk me-rename judul semua gambar yang ada dalam artikel food blog geekgals menggunakan nama yang mengandung keywords tersebut. Jangan pernah meninggalkan gambar dengan judul untitled atau kode nomer photo, karena tidak akan terdeteksi oleh Google.

Links

Penggunaan link adalah hal yang sensitif dalam dunia per-bloggeran, terutama karena banyaknya blog yang ditulis khusus hanya untuk menaikkan sebuah website dengan memanfaatkan sistem backlink. Backlink (tautan balik) sebenarnya adalah metode yang sangat berguna dan merupakan salah satu metode blog marketing yang paling tua dan umum digunakan, caranya adalah dengan membuat artikel yang berisi link ke blog geekgals baik didalam blog itu sendiri ataupun di blog lain. Semakin banyak backlink tersebar, semakin naik urutan food blog geekgals di Google Search.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh artikel backlink dimana artikel tersebut umumnya isinya tidak dapat dibaca, tapi semata-mata berisi kombinasi keywords dan backlink yang diulang hingga puluhan kali dalam satu artikel. Artikel macam ini umumnya dengan mudah dapat terdeteksi oleh sistem Google dan mendapatkan penalti.

Sebenarnya selama geekgals tidak memasukkan link dengan jumlah yang tidak masuk akal (puluhan misalnya) dalam satu artikel, blog geekgals tidak akan terkena penalti dari sistem Google. Ada 3 macam link yang geekgals harus aplikasikan dalam blog geekgals: Internal Link, External Link dan Permalink.

Internal link adalah saat geekgals memberikan link dari artikel lain yang berada dalam website/blog yang sama. Misalnya: 2 tahun lalu idGeekGirls sudah pernah membicarakan tentang penggunaan social media untuk restoran lho yang akan membawa geekgals ke artikel lain didalam blog idGeekGirls.

External link adalah saat geekgals memberikan link dari website/artikel lain yang tidak berada dalam website/blog yang sama. Misalnya:Jangan ketinggalan berita ya gals yang akan membawa geekgals ke akun Twitter idGeekGirls.

idgeekgirls_tips-food-blogger-profesional_teknik-seo-untuk-food-blog_permalink

Permalink adalah alamat artikel geekgals. Misalnya untuk artikel ini, URL umumnya adalah www.namablog.com atau untuk artikel ini adalah www.idgeekgirls.com, sedangkan permalink adalah www.namablog.com/judul-artikel atau untuk artikel ini adalah www.idgeekgirls.com/seo-food-blog. Umumnya permalink bisa diubah dengan mudah, dan jangan lupa untuk menggunakan permalink yang mengandung keywords yang sama dengan judul artikel food blog geekgals ya.

Apabila diperhatikan maka geekgals dapat mengerti mengapa top level domain (domain pribadi) selalu dikatakan sebagai lebih baik daripada domain gratisan. Apabila geekgals menggunakan domain gratisan, maka nama blog geekgals akan selalu www.namablog.wordpress.com atau www.namablog.blogspot.com. Dengan banyaknya pengguna blog gratisan, justru nama wordpress dan blogspot lah yang naik di Google Search. Sayang sekali bukan.

Geekgals memang harus mengeluarkan uang untuk berlangganan top level domain dan hosting. Akan tetapi, biarpun demi SEO bagus, bukan berarti geekgals tidak dapat berhemat karena banyak hosting yang menyediakan paket hemat. Misalnya seperti Dewaweb yang juga idGeekGirls gunakan yang memberikan domain gratis apabila geekgals berlangganan paket hosting tertentu. Selain fiturnya yang banyak dan menjamin kelancaran akses pembaca ke blog geekgals plus juga fitur keamanannya, harga paket Dewaweb berikut domain gratisnya juga cukup terjangkau.

idgeekgirls_food-blogger_dewaweb_01

Plugins & Tools

Sudah mengaplikasi seluruh tips SEO tapi food blog geekgals tidak kunjung naik di Google Search?. Sabar ya gals. SEO membutuhkan waktu dan kuantitas untuk menampakkan hasil. Apalagi diluar sana banyak sekali food blog sehingga persaingan SEO juga ketat. Jangan lupakan pentingnya direct marketing (pemasaran langsung) dengan memanfaatkan social media dan komunitas untuk menarik lebih banyak pembaca ke blog geekgals.

Untungnya, kini banyak tools yang bisa membantu untuk menaikkan kualitas SEO geekgals, terutama apabila geekgals menggunakan wordpress. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah plugin bernama YOAST Worpress SEO, yang akan memberikan gambaran kualitas SEO artikel food blog geekgals.

idgeekgirls_tips-food-blogger-profesional_teknik-seo-untuk-food-blog_yoast-plugin

Yoast juga dapat membantu geekgals meningkatkan SEO dengan membimbing geekgals memperbaiki snippet, focus keywords, SEO title, meta description dan Excerp. Pusing? Tenang saja, Yoast sangat mudah digunakan karena setiap bagian dilengkapi keterangan dan contoh. Pertama kali menggunakannya mungkin geekgals akan menghabiskan berjam-jam hanya untuk mengisi kolom-kolom dalam Yoast ini, tetapi seiring waktu geekgals akan terbiasa dan dapat melakukannya dengan cepat. SEO mudah untuk food blog profesional? Tentu saja bukan impian dengan bantuan plugin yang tepat.

Step 5. Membuat Foto Makanan Yang Menggiurkan

Blog geekgals kini sudah siap diisi oleh artikel yang enak dibaca dan sudah dilengkapi dengan SEO berkualitas yang bisa membantu visibility food blog geekgals di Google Search. Tapi artikel food blog tidaklah lengkap tanpa foto.

Follow akun Line idGeekGirls atau subscribe newsletter idGeekGirls supaya geekgals nggak ketinggalan tips memfoto makanan untuk food blog untuk menjadi Food Blogger Profesional minggu depan.

Source (1)

Artikel ini adalah bagian keempat dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Baca juga:

Apa yang geekgals rasakan setelah membaca artikel ini?

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

20 Responses

  1. Ety Abdoel says:

    Wah, makasih tipsnya.
    Saya memang butuh tips SEO yang simpel.

  2. wow, nice tips… tinggal prakteknya, nih

  3. Lily Widjaja says:

    Suka ngiler kalo liat foto – foto food blogger… Tapi sepertinya untuk mendapatkan foto yang bagus, harus didukung kamera yang berkualitas juga ya mba :)

  4. fifi says:

    plugin yg juga penting kalo di dalam blog ada gambar yaitu EWWW Image Optimizer

  5. Euisry Noor says:

    Wah, tipsnya banyak… Aku masih perlu banyak belajar nih. TFS :).

  6. Berguna sekali informasinya. Terina kasih ya, Mbak. Bookmark, ah :)

  7. SEO bisa rumit tapi bisa juga sederhana, tergantung yg nulis. Baca ini jadi mudah memahaminya, makasih sharingnya ^_&

  8. Tipsnya oke punya, makasihhh

  9. Rebellina says:

    baca seo ala geekgirls mudah dicerna, jadi mudah dipahami. enggak ribet kayak yang lain, yang baca awalnya udah pusing. jadi pengen ngebenahi blog makananku nih. Thank you ya..dan salam kenal

    • idGeekGirls says:

      Terima kasih banyak Kak atas dukungannya. Mudah-mudahan SEO nya berguna untuk blog Kakak.

      Follow juga idGeekGirls di Line, Facebook, Twitter dan Instagram ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1