Tips dan Trik Menjadi Freelancer Sehat dan Bahagia

Apakah geekgals tertarik untuk bekerja sebagai freelancer?. Freelancer memang sebuah metode bekerja yang belakangan menjadi favorit para perempuan, apalagi kalau sudah menikah dan memiliki anak. Penulis idGeekGirls juga pernah bekerja sebagai freelancer. Dan kalau boleh jujur sih pekerjaan freelancer itu jauh lebih berat dibandingkan kerja kantoran. Selain harus mengurus semuanya sendirian, kadang kesepian, juga jadi sering sakit. Wuih, kok bisa?. Nah, makanya sekarang idGeekGirls mau berbagi nih cara-cara untuk menjadi freelancer yang sehat.

freelancer sehat

1. Eksis di website freelance

Diluar sana ada banyak sekali website utk para freelancer dari berbagai bidang pekerjaan, misalnya Elance. Pastikan profile Geekgals terisi dengan lengkap dan jangan lupa di-update secara berkala. Biasanya, dari website semacam inlah datangnya klien atau berbagai kesempatan lainnya.

2. Disiplin dengan daily tasklist

Daily tasklist wajib hukumnya bagi freelancer karena harus mengurus semua jenis pekerjaan, berbeda dengan orang kantoran yang hanya mengurusi jenis pekerjaan tertentu saja. Godaan utk menunda pekerjaan juga lebih besar sebagai freelancer karena pekerjaan bisa ditinggal kapan saja. Jadi geekgals harus disiplin pada diri sendiri ya.

3. Jangan lupakan social media

Bekerja itu asyik lho. Tapi hati-hati, kalau geekgals sudah nggak tau ada film box office apa yang sedang hype di bioskop artinya geekgals sudah menjadi freelancer workaholic. Gunakan social media sebagai jendela geekgals ke dunia, untuk sekedar ngobrol, mengetahui hal-hal yang sedang heboh atau bisa juga untuk mencari calon klien.

4. Perhatikan jadwal invoice

Penyakit kebanyakan freelancer adalah tidak memiliki pencatatan yang terorganisir, akibatnya seringkali ada invoice yang tidak tertagihkan. Freelancer juga harus makan khan, jadi buatlah sistem pencatatan dan penagihan invoice yang rapi supaya nggak ada lagi klien yang dapat proyek gratis karena geekgals lupa menagih.

5. Ngobrol donk

Sekarang segala sesuatu lebih murah dengan menggunakan teks. Mulai dari messenger sampai bbm. Sadar atau tidak, teks sebenarnya tetap tidak bisa menggantikan kualitas ngobrol langsung. Jadi, sekali-sekali, coba geekgals luangkan waktu dan pulsa untuk menelepon atau video chatting dengan keluarga atau pacar, sekedar untuk menjaga kewarasan mental.

6. Ikutan forum atau komunitas freelancer

Forum dan komunitas. Dua hal yang sangat digemari orang Indonesia. Fungsinya aktif di forum dan komunitas freelancer ya apalagi kalau bukan mendapatkan bocoran berita industri, tips dan trik bisnis, nggak lupa calon klien donk ya.

7. Keluar deh

Maksudnya keluar rumah. Salah satu penyebab para freelancer cenderung gampang sakit biasanya adalah terlalu banyak duduk, malas olahraga dan kurang sinar matahari. Kecuali geekgals adalah vampir, sekali-sekali keluar deh. Geekgals bisa bawa anjing jalan-jalan, berenang atau photo hunting. Atau bisa juga …

8. Aktif networking

Nah, acara sekarang ini rasanya nggak afdol kalau nggak ada networking party atau after party nya. Aktif di kegiatan networking ini, selain meluaskan pergaulan dan kesempatan bisnis, geekgals juga bisa ngobrol plus keluar dari rumah. Sekali jalan dapet tiga manfaat deh.

9. Pastikan profile geekgals uptodate

Social media yang dianggap paling profesional saat ini adalah LinkedIn. Tapi nggak berarti social media lain nggak perlu diseriusi. Pastikan profile geekgals mencantumkan status “Freelancer” dan bidang keahlian geekgals, jangan lupa juga mengupdate apabila geekgals sedang available to work atau akan hadir di acara tertentu.

10. Jangan lupakan teman

Walau berat tapi harus diakui banyak freelancer yang mencapai tahap forever alone akut. Teman-teman malas mengajak karena geekgals selalu nggak bisa ikutan dengan alasan deadline. Ketika sedang nggak sibuk, langsung deh kontak teman-teman dan ajak mereka buat hangout. Lumayan lho buat mengurangi tingkat stress.

Nah, gampang khan sebenarnya untuk menjadi freelancer yang sehat jiwa raga. Buat geekgals yang sudah bosan kerja sendirian di kamar, bisa juga lho gabung ke coworking space dimana geekgals bisa menyewa meja kerja lalu kerja barengan freelancer-freelancer lainnya. Sekarang giliran geekgals donk cerita-cerita pengalaman nge-freelance nya. Ditunggu ya.

Source: 12most.com

Photo courtesy of Ed Yourdon on Flickr

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

1 Response

  1. Gita says:

    Menarik juga menjadi freelancer.
    Bisa dapat duit, dengan tetap mengurus keluarga.
    Mau cobain ah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1