Lindungi Gadget Apple Dengan Find My Mac (part 2)

Geekgals pasti cinta banget khan sama gadget-gadget milik geekgals. Geekgals tidak sendirian lho, buktinya beberapa banyak juga orang yang memilih ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone. Apalagi kalau semua pekerjaan ada di handphone, makin dijaga-jaga deh supaya nggak hilang atau keselip.

Nah, tapi bagaimana kalau yang hilang itu laptop geekgals. Kalau handphone, selama masih bisa di telepon bisa berharap kalau si pencuri mau mengembalikannya. Tapi laptop khan nggak bisa ditelepon. Apalagi di laptop biasanya ada file-file yang lebih ‘sensitif’ dibandingkan file-file di handphone.

find-my-iphone_id-geek-girls-blog_02

Kemaren idGeekGirls sudah membahas bagaimana geekgals bisa melindungi iPhone, iPad atau iPod Touch geekgals dengan app Find my iPhone. Sekarang giliran komputer apple geekgals dilindungi dengan app gratis dari Apple yang bernama Find My Mac. Dengan app ini geekgals bisa menemukan lokasi komputer apple geekgals melalui app Find My iPhone.

  1. Untuk menggunakan app Find My Mac, pertama-tama pastikan OS X yang terinstall di komputer geekgals adalah minimal Mountain Lion.
  2. Lalu geekgals harus mengaktifkan iCloud. Untuk mengaktifkan iCloud, geekgals harus memiliki akun Apple ID. Kalau geekgals tidak memiliki kartu kredit, tidak usah khawatir, karena sekarang tanpa kartu kredit-pun geekgals bisa membuat akun Apple ID.

system-preferences_icloud_id-geek-girls-blog

  1. Kalau geekgals sudah memiliki akun Apple ID, buka System Preferences di komputer Apple geekgals, lalu pilih iCloud. Setelah login disebelah kanan akan muncul daftar app yang didukung iCloud. Salah satunya adalah Find My Mac. Jangan lupa dicontreng ya geekgals.

icloud_id-geek-girls-blog

  1. Buka internet browser dan masuk ke icloud.com. Login dengan menggunakan Apple ID. Setelah berhasil login, geekgals akan berada di laman dengan daftar app didukung iCloud. Salah satunya adalah Find My iPhone.
  2. Apabila geekgals meng-klik Find My iPhone, maka geekgals akan dibawa ke laman lain dan lagi-lagi akan diminta login menggunakan akun Apple ID. Lalu geekgals akan ditunjukkan Apple maps dengan titik lokasi gadget apple geekgals yang didaftarkan menggunakan akun Apple ID yang sama.

Buat geekgals yang memiliki gadget apple tapi tidak memiliki komputer apple, geekgals bisa mengaktifkan Find my Mac dan Find My iPhone di OS Windows. Untuk amannya gunakan minimal Windows 7 dan cara aktivasinya tetap menggunakan iCloud.

idGeekGirls sangat menyarankan agar geekgals mengaktifkan app Find My iPhone dan Find My Mac. Karena apabila terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap gadget apple geekgals, dengan menggunakan kedua App ini geekgals bisa mengunci gadget untuk melindungi data didalamnya dan mengirim pesan pendek apabila gadget berada dalam koneksi internet. Apabila gadget geekgals tidak kembali, geekgals bisa menghapus seluruh data didalamnya secara online sehingga data geekgals tidak akan disalahgunakan.

idGeekGirls harap mudah-mudahan artikel ini berguna. Kalau geekgals punya metode lain untuk melindungi gadget, share juga dengan kita ya.

Source: MakeMac


Artikel ini adalah bagian dari program cross-contributor antara Blog idGeekGirls dengan MakeMac. Artikel ini ditulis oleh Kuswanto dan pertama kali diterbitkan di blog MakeMac pada tanggal 18 Oktober 2011

Related Post

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1