Pomodoro, Manajemen Waktu Yang Mudah, Murah Dan Efektif

Geekgals yang hobi memasak pasti sudah kenal betul dengan kitchen timer bukan?. Penggunaan kitchen timer memang tidak begitu populer di Indonesia, kalaupun punya paling hanya digunakan pada saat memasak telur. Tapi, sebenarnya kitchen timer bisa membantu geekgals untuk melakukan manajemen waktu di kantor juga lho.

pomodoro-1_id-geek-girls-blog

Teknik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir 80-an. Pomodoro sendiri berarti tomat dalam bahasa italia, dan nama ini dipilih karena pada saat mengembangkan teknik Pomodoro ini, Mr. Cirillo menggunakan kitchen timer berbentuk tomat.

Teknik Pomodoro sangat simpel dan bisa langsung dipraktekkan lho geekgals. Pada dasarnya, manajemen waktu ini membagi jam kerja menjadi interval waktu kerja selama 25 menit, yang diantaranya diseling dengan interval waktu istirahat. Begini dia caranya:

  1. Sebelum mulai bekerja, siapkan daftar tugas apa saja yang harus geekgals kerjakan hari itu.
  2. Set timer selama 25 menit.
  3. Kerjakan tugas berdasarkan daftar yang sudah dibuat selama 25 menit sampai timer berbunyi.
  4. Ambil istirahat pendek selama 3-5 menit.
  5. Setiap 4 kali periode waktu kerja, ambil istirahat panjang selama 15-30 menit.

Pomodoro juga punya video how to lho geekgals :)

Pomodoro disusun berdasarkan teori bahwa istirahat secara teratur akan meningkatkan kekuatan mental. idGeekGirls sudah merasakan sendiri manfaatnya. Selama 25 menit periode bekerja, jadi lebih mudah menahan diri dari keinginan untuk melakukan selain bekerja. Periode istirahat bisa menikmati dengan total tanpa rasa bersalah untuk update game dan jejaring sosial, ngobrol, mengambil air minum, meluruskan kaki, melemaskan otot atau nonton video di youtube.

Setelah sekian kali melakukan Pomodoro, terasa banget kecepatan kerja meningkat dan pikiran juga tidak terlalu cepat lelah. Kalau sedang ada deadline, waktu istirahat 30 menit bisa dipangkas menjadi 5 menit saja, yang penting take a break.

pomodoro-2_id-geek-girls-blog

Buat geekgals yang berpikir kalau teknik Pomodoro ini akan membuang terlalu banyak waktu kerja, sebenarnya apabila jam kerja kita sehari adalah 8 jam, maka istirahat Pomodoro yang terpakai adalah kira-kira 3 jam 30 menit. Waktu yang sama akan terpakai apabila geekgals datang ke kantor jam 8 pagi lalu ngobrol-ngobrol dulu dan baru mulai bekerja jam 10-an, dan di sore hari sekitar jam 4 sudah mulai browsing-browsing internet menunggu waktu pulang jam 5.

Sebenarnya geekgals juga nggak perlu berbekal kitchen timer ke kantor kok. Fitur alarm di handphone bisa digunakan juga. Nah, sudah siap memulai Pomodoro?. Semoga sukses, dan jangan lupa berbagi cerita bagaimana hasilnya ya.

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

10 Responses

  1. cicifera says:

    keren! mau nyobain ahh.. belakangan ini jadi suka keteteran sama task, jadi susah ngatur waktu XD

  2. Putra Eka says:

    Saya baru mulai belajar teknik pomodoro ini, dari artikel yang saya baca salah satu tool untuk pengguna desktop adalah focus booster, aplikasi ini sangat simpel dan berbunyi seperti detik jam.

    Barusan saya coba, lumayan juga hasilnya. Bisa bikin fokus karena ada rasa “terkejar” deadline..

  3. Mukhlisin says:

    ane sedang belajar teknik ini :)
    terimakasih

  4. ami says:

    ini emang bener bangettt.:-)

  5. rini says:

    Menarik buat dicoba nih berhubung ane orangnya kadang kurang aqua eh kurang fokus he2

  6. fesya says:

    Apakah teknik ini bisa diterapkan di semua jenis pekerjaan?

  1. April 10, 2016

    […] Januari kemarin saya membaca sebuah artikel yang menarik banget, artikel ini mengenalkan saya kepada teknik Pomodoro. Teknik Pomodoro ini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1