Website Membantu Kontak Orang Tercinta Setelah Kematian Menjemput

Seringkali idGeekGirls mendengar kalimat ini disebutkan “apa sih yang nggak bisa ditemukan di internet.” Wow, dipikir-pikir pernyataan ini ada benarnya juga. Tapi, sebenarnya ada hal yang belum tergarap oleh pebisnis di Indonesia. Mungkin karena hal ini akan membuat merinding geekgals yang membacanya: kematian.

150713_2

Apakah geekgals pernah menonton film P.S. I Love You?. Film ini menceritakan tentang seorang janda yang menemukan kumpulan surat dari mendiang suaminya yang membantunya untuk menata kembali hidupnya setelah sang suami meninggal dunia akibat tumor. Sayangnya, hal ini hanya terjadi di film. Di kehidupan nyata, sangat banyak orang yang tidak sempat menuangkan perasaannya kepada orang-orang yang sangat mereka cintai akibat kematian yang datang mendadak.

Di luar negeri, beberapa e-commerce seperti Virtual Eternity, Remembered Voices dan The Digital Beyond menawarkan jasa untuk menyimpan memori terindah dari orang-orang. Memori ini biasanya berbentuk teks, gambar, video atau suara, yang disimpan didalam server penyedia jasa, yang hanya dapat dibuka oleh ahli waris setelah pemilik akun dinyatakan meninggal dunia. Tentu saja dengan biaya tertentu.

150713_1

Mungkin geekgals masih bertanya-tanya, apa sih gunanya website persiapan kematian seperti ini, zaman sekarang khan ada banyak jejaring sosial yang tinggal dipilih. Karena website semacam ini lebih private, pemilik akun dapat menaruh file yang isinya lebih sensitif dan pribadi daripada yang bisa dituliskan di jejaring sosial. Misalnya saja surat wasiat, data rahasia atau pesan yang berisi curahan hati terdalam.

Sayangnya idGeekGirls belum menemukan e-commerce semacam ini di Indonesia. Mungkin start-up lokal masih belum tertarik memasuki bisnis yang masih terhitung tabu buat kita orang Indonesia. Padahal biaya untuk menjadi member di e-commerce luar negeri terhitung sangat mahal untuk orang Indonesia. Apa mungkin geekgals tertarik untuk memulai bisnis persiapan kematian di Indonesia?.

Source: Fast Company

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1