Menjadi Food Blogger profesional: Step 1. Food Blog Setup Basic

idgeekgirls_food-blogger_01

Artikel ini adalah bagian pertama dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Menjadi food blogger adalah salah satu profesi yang pastinya menyenangkan untuk dijalankan, terutama apabila geekgals memang foodie yang hobi mencoba tempat makan baru atau menu baru. Food blogger juga mendapatkan tempat yang spesial di kalangan pengusaha restoran, mulai dari undangan untuk meliput, menjadi tester menu baru bahkan mungkin undangan untuk hadir di pembukaan restoran baru, menunggu geekgals yang serius menjadi food blogger.

Tapi tentu saja pertama-tama, geekgals harus memastikan blog geekgals memiliki tampilan yang profesional. Apabila geekgals menjadi pengusaha restoran, geekgals juga pasti lebih senang apabila restoran geekgals di review di dalam website yang didesain dengan indah dan tidak lemot.

Berikut langkah-langkah paling awal untuk menjadi food blogger yang profesional:

  1. Pilih nama blog dan beli domain yang sesuai
  2. Pilih hosting yang bagus dan baik
  3. Set wordpress
  4. Set Google analytics tools

1. Pilih nama food blog yang tepat dan beli domain yang bagus

Blog tentu harus memiliki nama. Geekgals bisa mulai dengan menyiapkan beberapa nama yang pendek, mudah diingat dan mudah dieja. Jangan menyulitkan diri sendiri dengan memilih nama yang ejaannya unik tapi lalu geekgals harus terus menjelaskan ejaan nama blog geekgals ke semua orang. Lalu, googling untuk mengetahui apa sudah ada blog atau perusahaan yang menggunakan nama yang sama. Sayang khan kalau geekgals kehilangan pembaca karena mereka nyasar ke blog yang salah.

Setelah mendapatkan nama blog yang tepat dan masih available, sebaiknya geekgals langsung membeli top level domain (contoh: abcd.com). Tentu saja tidak ada yang salah dengan menggunakan blog gratis bersubdomain (contoh: abcd.wordpress.com), tetapi top level domain akan memberi kesan blogger yang profesional dan serius. Selain itu harga domain juga tidak terlalu memberatkan, beberapa domain bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp.100.000/tahun.

idgeekgirls_food-blogger_dewaweb_01

Domain gratis seumur hidup lho gals!

Demi kepraktisan, biasanya jasa hosting juga memberikan pake domain. Misalnya Dewaweb yang idGeekGirls juga pakai, memberikan domain gratis selamanya apabila geekgals berlangganan paket hosting tertentu.

2. Pilih hosting yang bagus dan baik

Hosting adalah tempat blog geekgals akan disimpan. Kualitas hosting menentukan berapa banyak traffic yang bisa masuk ke food blog geekgals, apakah website geekgals lemot atau tidak. Dalam kasus dimana geekgals melakukan migrasi, pindah dari hosting lama ke hosting baru, kualitas hosting menentukan mudah atau tidaknya proses ini dilakukan. Hosting juga berhubungan dengan keamanan blog dari kejahatan dunia maya.

Karena itu kebanyakan orang memilih hosting yang bagus kualitasnya dan baik pelayanannya, dibandingkan harga yang murah. idGeekGirls sendiri sebenarnya pemalas, inginnya pada saat migrasi dibantu sama pihak hosting dan kita tahu beres. Buat geekgals yang sama malasnya dengan kita-kita, idGeekGirls rekomendasikan menggunakan Dewaweb.

idgeekgirls_food-blogger_dewaweb_02

Hosting recommended buat perempuan modern pecinta kepraktisan

Selain fiturnya yang banyak dan menjamin kelancaran akses pembaca ke blog geekgals plus juga fitur keamanannya, harga paket Dewaweb cukup terjangkau, apalagi karena geekgals juga bisa mendapatkan domain gratis dengan berlangganan paket tertentu. Kalau idGeekGirls merasa tenang karena ada customer service 24jam yang siap membantu.

3. Set wordpress

Apabila geekgals ingin tampil profesional, idGeekGirls sarankan geekgals untuk menggunakan platform WordPress. Sebagai platform yang paling banyak digunakan di dunia, wordpress memiliki banyak fitur dan plugin yang menjamin kemudahan geekgals dalam meng-update dan me-maintain blog geekgals. Untuk integrasi wordpress dengan hosting, geekgals tentu saja bisa minta dibantu oleh pihak hosting karena biasanya itu sudah menjadi bagian dari pelayanan mereka.

Setelah blog geekgals siap, sekarang waktunya memilih themes. Geekgals bisa menggunakan themes gratisan yang tentu saja memiliki fitur sangat terbatas, tetapi idGeekGirls sarankan untuk menggunakan themes premium yang memiliki fitur lebih banyak. Apabila geekgals tidak memiliki kartu kredit untuk membeli themes premium, geekgals bisa menggunakan layanan VCC (Virtual Creadit Card) misalnya seperti layanan VCC dari CIMB Niaga ini.

idgeekgirls_food-blogger_wordpress-theme_01

Pilih yang mana nih gals

Pilih themes yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya blogging geekgals. Apakah nanti blog geekgals akan menampilkan lebih banyak foto? ataukah akan memuat lebih banyak tulisan? Lalu apakah geekgals ingin terlihat seperti blog pribadi? ataukah seperti media? Semuanya membutuhkan jenis themes yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk memilih themes wordpress yang ringan supaya pembaca geekgals yang akses internetnya kurang bagus masih nyaman mengaksesnya.

Set Google Analytics Tools

Apabila geekgals ingin menjadi blogger profesional, geekgals harus peduli pada analitiks. Hasil dari analitiks blog geekgals inilah yang kesananya akan menjadi patokan bagi para klien yang ingin memberi pekerjaan pada geekgals. Cara paling mudah tentu dengan menggunakan Google Analytics Tools yang tersedia gratis.

Geekgals cukup memiliki akun Google. Login, lalu setup beberapa tools wajib ini:

  • Google Analytics: Membantu geekgals memantau traffic yang masuk ke blog.
  • Webmaster Tools: Memastikan blog geekgals berjalan dengan baik.
  • Feedburner: Memungkin pembaca untuk suscribe dan mendapatkan info langsung apabila ada artikel baru. Jumlah subscriber juga menjadi salah satu patokan besaran honor untuk geekgals di kemudian hari.

Step 2. Food Blog Marketing Basic

Food Blog geekgals sekarang sudah aktif dan siap diisi. Tapi sebaiknya geekgals juga mempersiapkan strategi marketing food blog geekgals sejak dini.

Follow akun Line idGeekGirls atau subscribe newsletter idGeekGirls supaya geekgals nggak ketinggalan tips dan trik food blog marketing basic untuk menjadi Food Blogger Profesional minggu depan.

Artikel ini adalah bagian pertama dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Source

Baca juga:

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

6 Responses

  1. Ratri says:

    *menyimak rangkaian artikel ini supaya jadi fudbloher yg baik*

  2. kalau yang lifestyle blogger kapan? life style nya gak hanya fashion yaa… hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1