Menjadi Food Blogger profesional: Step 3. Menulis Blog Yang Menarik Hati Pembaca

idgeekgirls_food-blogger_01

Artikel ini adalah bagian ketiga dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Menjadi food blogger adalah salah satu profesi yang pastinya menyenangkan untuk dijalankan, terutama apabila geekgals memang foodie yang hobi mencoba tempat makan baru atau menu baru. Salah satu rahasia food blogger profesional adalah mereka mampu menulis menulis blog yang menarik hati pembaca dan menjadikan blog mereka acuan bagi para foodies lainnya.

Sayangnya, kadangkala supaya gampang dan cepat, pada saat baru mulai nge-blog kita asal menulis apa saja bahan yang tersedia. Akibatnya pada saat blog geekgals sudah mulai mendapatkan pembaca setia, geekgals justru kerepotan sendiri merapikan artikel-artikelnya.

Supaya tidak terjadi seperti itu, yuk siapkan konsep penulisan artikel blog geekgals semenjak dini:

  1. Seni menulis artikel blog
  2. Tentukan topik yang unik
  3. Write Write Write

Pahami Seni Menulis Artikel Blog

Banyak yang menganggap bahwa pehamanan akan seni menulis tidaklah diperlukan dalam menulis blog. Sayangnya, apabila geekgals ingin menjadi blogger profesional sedikit banyak geekgals harus mampu menciptakan artikel yang memenuhi kaidah penulisan.

Salah satu teknik penulisan paling dasar adalah 5W1H (What-Where-When-Why-Who-How) dimana dengan mengadaptasi teknik menulis ini geekgals akan mampu memberikan artikel dengan analisa 360˚ dari sebuah topik. Bahkan sebuah pisang goreng pun dapat dianalisa mulai dari bahan, teknik menyiapkan, teknik penyajian dan citarasanya. Jangan lupa untuk selalu memberikan kesimpulan di ujung artikel geekgals.

idgeekgirls_food-blog_catchprase

Catchprase yang sangat penting: Blog excerpt

Setelah itu pertajam kemampuan menulis geekgals untuk menyiapkan 2 bagian ini:

  1. Catchphrase: Paragraf paling pertama dari artikel blog geekgals haruslah menarik dan membuat penasaran, karena kebanyakan pembaca blog saat ini hanya membaca paragraf pertama sebelum memutuskan untuk akan lanjut membaca atau tidak.
  2. Call to Action: Paragraf paling terakhir dari artikel blog geekgals yang bertujuan untuk mengajak pembaca geekgals melakukan sesuatu yang geekgals inginkan. Umumnya paragraf call to action mengajak pembaca untuk menyebarkan artikel blog tersebut di socmed atau untuk meninggalkan komentar.

Tentukan Topik Yang Unik

Geekgals ingin menjadi food blogger supaya bisa makan gratis di restoran mewah? idGeekGirls bukan ingin mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin, tetapi jangan lupakan bahwa sebelum geekgals menjadi food blogger terkenal dan mendapatkan undangan makan gratis dari restoran mewah, geekgal (dan sebagian besar food blogger lainnya) harus lebih dulu merogoh kocek pribadi untuk makan di restoran-restoran yang ingin geekgals review.

idgeekgirls_food-blog-ideas_01

Katering lunch box isinya makanan juga lho geekgals

Karena itu, geekgals sebaiknya sejak awal menentukan topik umum dari jenis restoran atau makanan yang ingin geekgals angkat di food blog geekgals. Apakah geekgals ingin berfokus di masakan asia, atau mungkin steak, atau mungkin restoran yang mematok harga Rp.100.000 untuk segelas teh manis?. Topik ini akan menentukan restoran mana saja yang geekgals harus review, siapa yang akan membaca blog geekgals dan berapa banyak modal yang harus geekgals siapkan.

Agar pembaca tidak bosan, jangan terus-menerus hanya menulis tentang menu masakan di sebuah restoran saja. Ingat, geekgals adalah food blogger, bukan restaurant reviewer. Geekgals bisa memadukan review restoran dengan beberapa topik lainnya yang masih berhubungan, misalnya:

  1. Resep masakan, masih merupakan salah satu artikel di kategori makanan yang paling populer, dan salah satu yang paling mudah memancing komentar dari pembaca.
  2. Biografi chef, karena kalau tidak ada mereka tidak akan ada masakan enak yang dapat geekgals review bukan?
  3. Peralatan Masak, Tidak ada yang lebih tahu mengenai peralatan masak yang oke selain Food Blogger, iya kan?
  4. Catering, StartUp catering bermunculan dimana-mana dan belum banyak food blogger yang membahas fenomena ini.
  5. Cooking class, banyak kelas memasak belum dipasarkan dengan serius. Geekgals bisa jadi merupakan food blogger pertama yang membahas cooking class tersebut.

Write Write Write

Tahukah geekgals mengenai aturan 10.000jam? Aturan ini menyebutkan bahwa seseorang akan menjadi ahli mengerjakan sesuatu apabila Ia sudah melakukannya selama 10.000 jam. Karena itulah untuk menjadi food blogger profesional satu-satunya yang geekgals perlu lakukan adalah menulis menulis dan menulis.

idgeekgirls_food-blog_write-blog

Pertama, semakin sering menulis maka geekgals akan semakin menemukan ciri khas gaya tulisan geekgals yang akan membedakan geekgals dari food blogger lainnya. Seringkali ciri khas ini baru tersadari setelah waktu yang cukup lama. Tetapi, semakin sering geekgals menulis maka akan semakin cepat geekgals menemukan gaya tulisan yang paling pas untuk geekgals.

Selain itu, semkain sering menulis, semakin cepat pula geekgals dapat menghasilkan sebuah tulisan. Semakin lancar pula ide tulisan, dan semakin jarang mengalami writer’s block. Sehingga nanti pada saat tiba waktunya geekgals menjadi food blogger profesional, geekgals dapat mengerjakan satu artikel blog yang menarik dalam waktu yang sangat singkat.

Step 4. Teknik Menulis SEO Untuk Food Blog

Geekgals sudah paham bagaimana caranya menulis blog yang menarik hati pembaca, bahkan sudah bisa menulis artikel blog dalam waktu singkat. Sekarang tiba waktunya untuk geekgals menaikkan blog geekgals di Google Search dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization).

Follow akun Line idGeekGirls atau subscribe newsletter idGeekGirls supaya geekgals nggak ketinggalan tips dan trik Teknik Menulis SEO Untuk Food Blog untuk menjadi Food Blogger Profesional minggu depan.

Artikel ini adalah bagian ketiga dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Baca juga:

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

6 Responses

  1. Ety Abdoel says:

    Saya bukan food blogger tapi sesekali review tempat makan karena memang makan di sana dan ingin menuliskannya.
    Makasih tipsnya Mba. Salam kenal.

  2. texnologger says:

    setuju banget sama kata” write,write,write..jadi profesional blogger memang harus rajin, rajin, rajin posting dan selalu belajar dari kesalahan :)

  3. suka banget mencoba makanan dan resto baru… hehehe
    pengen jadi food blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1