Instagram Feed Berubah! Ini Yang Geekgals Perlu Ketahui Sebelum Turn On Semua Notifikasi

idgeekgirls_instagram-algorythm-turn-on-notifications_01.jpg

IMAGE: BRITTA PEDERSEN/PICTURE-ALLIANCE/DPA/AP IMAGES

Sudah beberapa hari ini timeline social media dipenuhi dengan ajakan dari teman-teman untuk turn on notifications akun instagram mereka, yang akan memberi tahu geekgals setiap kali teman geekgals itu memposting gambar baru ke Instagram. Ada apakah sebenarnya?. Ternyata, ada rencana dari Instagram untuk mengubah algoritma feed instagram.

Tapi geekgals bisa tenang dulu, karena ini sudah menjadi tugas idGeekGirls untuk menganalisa efek dari perubahan ini. Kira-kira seperti ini detail rencana perubahannya.

Apa yang sebenarnya akan berubah di feed Instagram?

Perubahan yang paling signifikan adalah urutan postingan yang muncul di feed timeline Instagram geekgals. Dahulu, urutan postingan berdasarkan waktu, yang paling dekat waktunya berada di urutan teratas. Dengan perubahan ini, postingan dengan tema yang geekgals paling sukai akan berada di urutan paling atas.

Bagaimana Instagram bisa mengetahui apa yang saya suka?

Algoritma dalam sebuah aplikasi memungkin aplikasi tersebut untuk mengumpulkan data dari setiap aksi yang dilakukan di aplikasi tersebut. Selama ini geekgals menggunakan Instagram dengan mengandalkan hastags, memberi like, meninggalkan komentar, bahkan kadangkala me-repost postingan akun lain.

Yang geekgals tidak sadari, algoritma Instagram sudah merekam semua itu dan sudah mampu menyimpulkan postingan macam apakah yang geekgals sebenarnya (bahkan mungkin pada saat geekgals tidak menyadarinya) sukai. Rencana perubahan feed Instagram ini memungkinkan timeline untuk memanfaatkan kesimpulan algoritma tersebut untuk menaikkan postingan dengan tema yang geekgals sukai ke urutan yang lebih tinggi sehingga kemungkinan untuk terlihat oleh geekgals menjadi lebih besar.

Jadi ada postingan yang hilang dari timeline Instagram saya?

Sama sekali tidak akan ada postingan yang hilang dari feed geekgals. Geekgals hanya perlu men-scrolling lebih jauh atau mengunjungi langsung akun tersebut untuk melihat seluruh postingannya.

Ini perubahan yang sangat revolusioner ya.

Tidak, bahkan sistem ini sudah digunakan oleh 2 social media terbesar lainnya, Facebook dan Twitter.

Twitter melaksanakannya serempak di bulan Februari 2016 yang langsung disambut dengan hashtag #RIPTwitter dari pengguna dan banyak media sehingga mendorong salah satu pendiri Twitter untuk mengklarifikasi di Twitter. Tetapi Twitter tetap mengaplikasikannya dan mengkombinasikan dengan sistem timeline yang sebelumnya. Yang mengejutkan, setelah sistem algoritma baru ini diterapkan analitiks Twitter justru menunjukkan tanggapan positif dengan meningkatnya retweets, reply dan conversations untuk tweet-tweets yang dimunculkan di bagian “while you were away” di timeline Twitter.

Facebook merubah sistem algoritma timelinenya di tahun 2009, yang juga awalnya disambut dengan penolakan. Tapi seiring dengan semakin banyaknya orang yang bergabung di Facebook dan semakin banyaknya orang yang mereka follow, tidak ada lagi yang merasa keberatan dengan hal ini. Sayangnya belakangan Facebook memanfaatkan sistem yang mirip untuk membuat postingan dari Facebook Page yang tidak berbayar urutannya lebih turun, mengakibatkan brand kecil sulit mendapatkan Like kecuali dengan cara mengajak langsung teman-teman para admin page untuk men-like Page tersebut.

Apa keuntungan yang sebenarnya dari perubahan ini?.

idgeekgirls_instagram-algorythm-turn-on-notifications_03.jpg

Image courtesy of golocalinteractive.com

Brand dengan jutaan followers dan pengiklan disinyalir akan merasakan keuntungan terbesar dari perubahan ini, karena dengan banyaknya like dan komentar yang mereka bukukan dirasa akan bisa mendongkrak naik urutan postingan mereka di timeline. Tapi idGeekGirls rasa pihak Instagram tidak akan dengan semena-mena melakukan hal ini, karena siapa yang mau menggunakan aplikasi yang setelah scrolling berkali-kali isinya terus-menerus iklan. Betul bukan?

Keuntungan juga mungkin dirasakan oleh geekgals yang memfollow sangat banyak akun tapi kurang aktif.

Rata-rata orang melewatkan 70% postingan di feed Instagram mereka. Kami memastikan sisa 30% yang mereka lihat adalah postingan yang terbaik yang ada di feed. ~ Kevin Systrom, Instagram co-founder

Pada saat sistem Instagram timeline yang lama dibuat, Instagram adalah app kecil dan pengguna Instagram umumnya juga sangat privat dan hanya memfollow sangat sedikit akun. Tetapi belakangan Instagram mengalami ledakan pengguna dan banyak pengguna yang memfollow hingga ratusan bahkan ribuan akun.

Bagi pengguna semacam itu, sistem timeline berdasarkan waktu sudah tidak lagi relevan. Bayangkan apabila geekgals memfollow 1000 akun, lalu karena kesibukan geekgals tidak sempat men-cek Instagram selama 2 hari. Berapa banyak waktu yang geekgals harus habiskan untuk melihat semua postingan yang terlewatkan, dan tentu tidak semuanya menarik. Dengan sistem baru ini, postingan yang sesuai minat geekgals akan muncul di urutan teratas. Menyenangkan bukan?

Apakah saya bisa mengatur postingan macam apa yang muncul paling atas di Feeg Instagram saya?

Tentu bisa, walaupun tidak secara langsung melainkan secara perlahan-lahan. Karena bagaimanapun algoritma adalah mesin dan bergerak dengan imput data dari geekgals sendiri. Walaupun perubahan ini belum bahkan mungkin tidak jadi dilaksanakan, tetapi geekgals bisa mulai mempersiapkan diri dengan lebih sering meninggalkan komentar atau memberi like untuk jenis postingan dan akun yang geekgals benar-benar sukai. Pada saat perubahan algoritma dilakukan, akun dan jenis postingan yang geekgals suka bisa jadi langsung muncul di urutan teratas.

Dan apabila geekgals benar-benar tidak ingin ketinggalan berita, tentu geekgals bisa langsung turn on notifications dari akun-akun yang geekgals sukai.

Warning: Menyalakan notifikasi dari terlalu banyak akun bisa mengganggu kegiatan sehari-hari geekgals karena notifikasi akan berbunyi setiap ada postingan terbaru.

Apakah perubahan ini sudah berjalan?

Sejauh yang idGeekGirls tahu, perubahan baru sebatas rencana dan belum dilaksanakan atau diuji coba. Bahkan ada kabar yang mengabarkan bahwa perubahan ini dibatalkan untuk dilaksanakan. Satu hal yang pasti, kedepannya Instagram pasti akan berubah seperti juga social media lainnya.

Saya tidak suka Instagram feed berubah, apa yang dapat saya lakukan?

Sayangnya tidak ada yang dapat kita lakukan. Sebagai app yang tersedia gratis, cepat atau lambat Instagram akan membutuhkan pemasukan dana untuk mendukung operasionalnya. Dan cepat atau lambat pula Instagram akan membantu para brand pengiklan agar postingan iklan mereka bisa terlihat oleh lebih banyak pengguna Instagram. Geekgals bisa bergabung dengan petisi untuk menolak perubahan ini, tetapi geekgals tidak akan bisa menghentikan pihak Instagram untuk terus melaksanakan perubahan ini apabila mereka rasa memang perlu. Apabila geekgals benar-benar tidak menyukai perubahan ini satu-satunya cara adalah dengan berhenti menggunakan Instagram.

Apakah geekgals adalah pengguna setia Instagram? Bagaimana pendapat geekgals mengenai rencana perubahan feed Instagram ini, apakah geekgals masih akan terus menggunakan Instagram atau akan beralih ke social media lainnya?

Source: (1)(2)

idgeekgirls_instagram-algorythm-turn-on-notifications_02.jpg

Apakah geekgals sudah follow Instagram @idGeekGirls? Follow yuk untuk quote cards, foto kegiatan dan berbagai postingan lainnya.

Apa yang geekgals rasakan setelah membaca artikel ini?

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1