Waspada Keadaan Darurat Kotak Panic Button Ingin Menjadi Solusi Keamanan Indonesia

idgeekgirls_waspada-keadaan-darurat_sandy-hook_carlee-soto

Carlee Soto saat mengetahui nasib kakaknya Victoria Soto yang menjadi salah satu korban meninggal dalam pembantaian Sandy Hook yang menewaskan 20 murid SD dan 6 staf sekolah. Photo adalah milik Dailymail.

Bencana dan kejahatan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Di Indonesia tidak jarang demonstrasi kecil berubah menjadi kerusuhan masal, atau kabel kecil yang terkelupas menjadi kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah. Karena itu waspada keadaan darurat memang sangat diperlukan.

Geekgals kini dapat mulai berjaga-jaga dengan aplikasi Panic Button yang bisa kalian download gratis di Android. App Panic Button adalah aplikasi yang memungkinkan geekgals untuk menyimpan beberapa nomer telepon yang otomatis akan ditelpon oleh app saat geekgals memencet panic button pada saat dalam keadaan darurat.

idgeekgirls_waspada-keadaan-darurat_panic-button_01

X-Igent: Yudha Maulana Akbar, Rendy Azhari dan Muhamad Ikramullah.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Yudha Maulana Akbar, Rendy Azhari dan Muhamad Ikramullah ini berbasis di kota kembang Bandung, sehingga tidak aneh apabila pengguna Panic Button di kota Bandung dapat menikmati fasilitas tambahan yaitu terintegrasi dengan Bandung Command Center yang digagas walikota Bandung, Kang Ridwan Kamil. Tercatat hingga kini ada 39 kasus kebakaran yang dilaporkan menggunakan Panic Button.

Pengguna Panic Button saat ini telah mencapai 1000 pengguna, dan telah mendapatkan beberapa penghargaan sebagai juara 1 pada kompetisi Indonesia ICT Awards 2015, dan juara 3 pada kompetisi BestAppID 2014.

Tidak berhenti sampai di mobile app, kini 3 sekawan yang tergabung dalam X-Igent ini tengah mengembangkan Kotak Panic Button, hardware yang memiliki fungsi sama seperti app Panic Button. Kotak Panic Button dilengkapi baterai dengan kekuatan tiga hari dan dapat di charge ulang. Atau apabila geekgals ingin meletakkannya di rumah, geekgals bisa langsung menyambungkannya dengan jaringan listrik supaya tidak perlu repot-repot mencharge lagi.

idgeekgirls_waspada-keadaan-darurat_panic-button_02

Untuk menggunakan Kotak Panic Button, geekgals harus meyakinkan hardware ini tersambung ke internet. Di dalamnya terdapat sim card, yang geekgals perlu lakukan adalah memastikan paket internetnya selalu aktif.

Kotak Panic Button saat ini tengah dikampanyekan melalui sistem crowdfunding untuk mengumpulkan dana produksinya. Geekgals dapat langsung mendukung dengan menyumbang melalui situs crowdfunding Indonesia Geeknesia. Apa yang geekgals dapatkan kalau menyumbang? Tidak usah khawatir, hanya dengan Rp.275.000 geekgals sudah akan bisa mendapatkan 1 buah Kotak Panic Button yang akan bisa geekgals dapatkan setelah kampanye crowdfunding Kotak Panic Button selesai.

X-Igent sendiri menginginkan Kotak Panic Button menjadi solusi keamanan yang praktis dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Geekgals juga pasti menginginkan hal yang sama bukan? Karena itu jangan lupa dukung Kotak Panic Button ya.


Artikel ini adalah bagian dari program guest blogger antara idGeekGirls dengan Geeknesia. Geeknesia adalah startup yang didirikan oleh 2 orang lulus UC Berkeley yang bertujuan untuk membantu para pencipta menghasilkan produk dan jasa dalam bidang IoT (Internet of Things).

idgeekgirls_tw_ad

Apakah geekgals sudah follow Twitter @idGeekGirls? Follow yuk untuk link langsung ke artikel terbaik dan flash info lainnya.

Apa yang geekgals rasakan setelah membaca artikel ini?

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

2 Responses

  1. diah says:

    wahhh kereeeen. bermanfaat. cuma buat yang punya anak kecil gimana ya? khawatirnya si bocah ikut pencet-pencet lalu bikin heboh padahal ga ada apa-apa.

    • idGeekGirls says:

      Mungkin kalau Kotak Panic Button bisa diletakkan di tempat yang tinggi supaya sulit diraih anak kecil. Tapi sebenarnya kalau menurut Mimin sih, karena Panic Button ini justru sangat berguna untuk anak kecil, mungkin bisa diajarkan supaya mereka hanya menggunakannya disaat yang memang sangat membuat mereka ketakutan. Mirip seperti tombol atau alat pemadam kebakaran yang cuma boleh dipakai kalau sedang ada kebakaran. Semoga membantu ya Kak :)

      Follow juga idGeekGirls di Line, Facebook, Twitter dan Instagram ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1