Berhemat dan Buang Kebiasaan Buruk Dengan Kick My Habits

Sudah berhemat sana-sini tapi kok ya gaji habis terus ya?. Mungkin kesalahan bukan pada hobi belanja geekgals, tapi pada hal-hal yang geekgals coba hemat untuk dibelanjakan.

Tanpa sadar, seringkali kita semua justru terus membelanjakan hal-hal yang sebenarnya tidak benar-benar perlu, dan justru mencoba memotong hal-hal yang sebetulnya sangat diperlukan. Misalnya: geekgals tidak menggunakan mobil lagi dengan alasan harga BBM naik. Padahal, pekerjaan geekgals sebagai marketing menuntut mobilitas yang tinggi, dan tanpa mobil geekgals justru membayar lebih banyak uang untuk kendaraan umum ditambah membuang lebih banyak waktu.

kick my habits_id geek girls blog_1

Untungnya sekarang ada Kick My Habits. Website yang diproduseri oleh Leeds Building Society, sebuah organisasi keuangan di kota Leeds, Inggris ini sebenarnya adalah sebuah infografis interaktif.

Kick My Habits memuat 8 kebiasaan yang bisa dihilangkan dari kehidupan geekgals apabila geekgals memang benar-benar ingin berhemat. Sebenarnya, 8 kegiatan ini bukan kegiatan buruk, tapi bisa dikategorikan sebagai kebutuhan tertier. Diantaranya adalah makan diluar rumah, minum liquor, pesta di night club, merokok dan membeli produk makeup atau fashion.

kick my habits_id geek girls blog_2

kick my habits_id geek girls blog_3

Pada saat menggunakan Kick My Habits, geekgals hanya perlu mengakui bahwa geekgals mempunyai habit tersebut dengan mengklik “okay, I admit it”. Apabila geekgals tidak pernah melakukan hal tersebut, silakan klik “no, not my habit”. Setelah mengakui kebiasaan, geekgals akan diminta memasukkan nilai pembelanjaan yang geekgals lakukan dalam seminggu untuk kebiasaan tersebut. Di akhir, geekgals akan ditunjukkan berapa dana yang sebenarnya bisa geekgals hemat dalam seminggu dan setahun, berikut jumlah bunga yang bisa geekgals dapatkan apabila dana tersebut ditabung, apabila geekgals tetap melakukan semua habit tersebut.

Apabila diperhatikan, tidak ada biaya transportasi, komunikasi, pemeliharaan hewan atau kesehatan yang masuk kedalam Kick My Habit. Tentu saja karena biaya tersebut adalah termasuk kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan modern, sehingga hampir tidak mungkin dihemat-hemat.

Karena ditujukan untuk orang Inggris, maka Kick My Habits hanya menyediakan kurs pound dan data yang ditampilkan juga hanya berdasarkan data di Inggris. Tapi yang penting adalah penyadaran betapa besar uang yang sebenarnya bisa geekgals hemat. Selain itu, website yang didesain oleh Bryan James dan disutradarai oleh Gareth Battersby ini sangatlah bagus. Geekgals yang berprofesi sebagai desainer mungkin tidak akan bosan mengulang-ulang agar dapat memperhatikan setiap detailnya.

Jadi, habit apa nih yang akan mulai geekgals hentikan?. Kalau untuk menghemat belanja kosmetik sih mending tanya langsung sama blogger fashion yang satu ini aja deh yuk.

Source: CreativeBloq

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

2 Responses

  1. Gita says:

    Boleh juga tuh.
    Jaman sekarang memang paling gak tahan kalau ada “godaan” yg urusan tersier (ga penting) itu deh….. Wkwkwk………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1