Menjadi Food Blogger profesional: Step 2. Food Blog Marketing

idgeekgirls_food-blogger_01

Artikel ini adalah bagian kedua dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Menjadi food blogger adalah salah satu profesi yang pastinya menyenangkan untuk dijalankan, terutama apabila geekgals memang foodie yang hobi mencoba tempat makan baru atau menu baru. Food blogger juga mendapatkan tempat yang spesial di kalangan pengusaha restoran, mulai dari undangan untuk meliput, menjadi tester menu baru bahkan mungkin undangan untuk hadir di pembukaan restoran baru, menunggu geekgals yang serius menjadi food blogger.

Blog, seperti juga media lainnya membutuhkan teknik marketing untuk dapat diketahui oleh semakin banyak calon pembaca. Seringkali blogger baru menyiapkan channel marketing setelah blog nya berjalan sekian lama, tapi sebagai calon food blogger profesional sebaiknya geekgals mempersiapkan channel marketing sebelum food blog geekgals berjalan.

Berikut langkah untuk mempersiapkan food blog marketing geekgals:

  1. Gunakan top level domain blog kamu sendiri
  2. Manfaatkan media sosial untuk mendatangkan pembaca
  3. Maksimalkan fitur untuk mempermudah berbagi artikel blog
  4. Lakukan cross blogging dengan food blog lainnya

1. Gunakan Top Level Domain Blog Kamu Sendiri

Kalau geekgals belum menggunakan top level domain (contoh: abcd.com) dan masih menggunakan domain blog gratis bersubdomain (contoh: abcd.wordpress.com), mungkin di tahap ini geekgals sebaiknya kembali mempertimbangkan untuk mengganti domain blog geekgals menjadi top level domain.

Selain berkesan sangat lebih profesional, top level domain juga sangat terjangkau, beberapa domain bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp.100.000/tahun. Bahkan beberapa hosting seperti Dewaweb yang idGeekGirls gunakan memberikan gratis domain apabila geekgals berlangganan paket hosting tertentu, yang lagi-lagi sangat terjangkau harganya.

idgeekgirls_food-blogger_dewaweb_01

Blog pasti butuh hosting. Sekarang ada hosting gratis domain. Mau?

2. Manfaatkan Media Sosial Untuk Mendatangkan Pembaca

Social media adalah keharusan. Bahkan dalam beberapa kasus social media menentukan sebarapa besar traffic pembaca sebuah website. Salah satu aspek yang paling penting adalah konsistensi antara food blog geekgals dengan akun-akun social medianya. Jadi, ada baiknya begitu geekgals menentukan nama food blog geekgals, membeli domainnya, langung booking akun-akun social media yang memiliki nama yang sama. Apabila akun tersebut sudah diambil, geekgals bisa menggunakan variasi nama. Variasi nama social media yang paling umum digunakan adalah menambahkan com atau id dibelakang nama blog di akun social media.

Pertanyaan selanjutnya adalah social media apa saja yang harus digunakan? Ini tentu kembali lagi kepada geekgals, karena mengurus akun-akun social media jelas membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Contohnya idGeekGirls yang memfokuskan di Facebook & Twitter, Line@ dan Instagram karena dirasa sesuai dengan nature idGeekGirls sebagai media.

Untuk mudahnya geekgals bisa memfokuskan pada social media yang sedang naik daun, misalnya Instagram. Tetapi tetap mengaktifkan social media mainstream seperti Twitter dan Facebook. Punya waktu lebih? Geekgals bisa menggunakan Pinterest atau YouTube untuk menyebarkan video-video liputan geekgals. Punya waktu lebih banyak lagi? Gunakan social media non-mainstream seperti SnapChat atau TV internet misalnya Zeemi.tv atau #fame untuk membuat channel liputan geekgals. Seru bukan?

3. Maksimalkan Fitur Untuk Mempermudah Berbagi Artikel Blog

Seringkali kita lupa mengakomodasi para pembaca yang ingin membagi artikel yang dibacanya dengan teman-temannya. Seringkali juga kita lupa bahwa sebagian pembaca kita punya gaya hidup yang sibuk dan seringkali terlewatkan artikel terbaru dari blog kita.

Karena itulah pada saat membuat blog pastikan geekgals menambahkan plugin untuk pembaca geekgals dapat men-share artikel geekgals hanya dengan meng-klik icon social media di food blog geekgals. Jangan lupa untuk mencek tampilan icon sharing ini di smartphone geekgals untuk memastikan tampilannya sesuai dengan keinginan geekgals.

idgeekgirls_food-blogger_social-media_newsletter_01

idGeekGirls juga pakai plugin untuk social media dan newsletter.

Jangan malas untuk setup newsletter untuk pembaca yang sibuk. Caranya sangat mudah, geekgals cukup subscribe di layanan newsletter, mulai dari cukup techy seperti Mailchimp, sampai yang sangat mudah seperti Madmimi atau Mailerlite yang idGeekGirls gunakan. Setelah subscribe pastikan geekgals memasukkan form ke blog geekgals agar pembaca geekgals bisa berlangganan. Yang harus diingat, newsletter tidaklah otomatis dan geekgals harus meluangkan waktu untuk membuat dan mengirim newsletter secara teratur.

RSS bukanlah lagi fitur favorit bagi kebanyakan pembaca saat ini, tetapi banyak pembaca yang kurang menyukai kegiatan blog surfing, RSS menjadi fitur andalan karena mereka bisa langsung menerima artikel blog geekgals di email mereka. Tidak ada salahnya menambahkan fitur RSS di food blog geekgals.

4. Lakukan Cross Blogging Dengan Food Blog Lainnya

Cross blogging adalah salah satu cara untuk menaikkan traffic pembaca dengan menulis artikel di atau untuk blog lain. Bagaimana geekgals bisa menulis artikel untuk blog lain, caranya ada dua, yaitu dengan bekerjasama langsung sebagai guest blogger atau melalui sistem posting di website database.

Pada saat geekgals hendak memulai food blog geekgals, sempatkan untuk membuat list dari food blog lain yang memiliki tema yang mirip dengan food blog geekgals nantinya. Utamakan blog yang memiliki traffic pembaca yang tinggi atau aktif di social media. Nanti, setelah blog geekgals sudah memiliki minimal 30 artikel, hubungi blog-blog ini menawarkan untuk menjadi guest blogger, dimana artinya geekgals menulis artikel untuk blog tersebut dengan bayaran nama dan url blog geekgals ditampilkan di blog tersebut. Sistem kerjasama berbeda-beda antara masing-masing blog, sehingga geekgals harus berdiskusi langsung dengan admin dari masing-masing blog.

idgeekgirls_food-blogger_cross-blogging_guest-blogger_01

idGeekGirls juga terima guest blogger lho. Gekegals yang hobi menulis langsung kontak Mimin ya 🙂

Cara lainnya adalah dengan mencari website database yang berisi kumpulan artikel mengenai makanan, dimana setiap orang bisa memposting artikel mereka. Dalam dunia kuliner Indonesia misalnya ada Cookpad yang memiliki cukup banyak kontributor dan pembaca. Atau apabila geekgals cukup yakin dengan kemampuan bahasa Inggris geekgals juga bisa memposting ke All Recipes, Yummly dan Epicurious.

Next: Step 3. Menulis Artikel Yang Menarik Untuk Food Blog

Food blog geekgals sekarang sudah siap untuk diisi dengan artikel-artikel yang menarik. Tentu ada teknik tersendiri dalam menulis artikel food blog yang akan membuat pembaca food blog geekgals betah membacanya.

Follow akun Line idGeekGirls atau subscribe newsletter idGeekGirls supaya geekgals nggak ketinggalan tips dan trik food blog Menulis Artikel Menarik untuk menjadi Food Blogger Profesional minggu depan.

Artikel ini adalah bagian kedua dari enam artikel bersambung tips dan trik untuk menjadi food blogger profesional

Baca juga:

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1