Social Media atau Social Messaging?

social-media-messaging-aplication-01

Begitu banyak aplikasi diluar sana, seringkali membuat kita sebagai pengguna juga kebingungan membedakan jenisnya antara satu sama lain. Twitter itu social media atau social messaging ya? soalnya geekgals justru seringkali ngobrol dengan saling berbalas tweet. Blackberry messenger (BBM) itu pasti social media khan? soalnya geekgals bisa berkenalan dengan orang baru yang sebelumnya tidak geekgals kenal disana. Kalau Pinterest itu masuk social media atau tidak ya? cuma kumpul-kumpul gambar begitu, sosialnya dimana?.

Harus diakui bahwa kita semua sebagai pengguna kini menjadi rebutan para developer pembuat aplikasi. Karena, tentu saja semua developer ingin aplikasinya digunakan sebanyak mungkin orang. Untuk itu mereka terus menerus menambahkan fitur yang membuat batas antara social media dengan social messaging semakin tidak jelas. Tapi sebenarnya bisa ditelusuri kok perbedaan mendasar dari keduanya yang akan membuat kita makin mudah membedakannya.

Social Media

social-media-messaging-aplication-02

  • Social media adalah aplikasi yang memungkinkan orang menciptakan, berbagi dan bertukar informasi dan ide dalam bentuk suara, gambar dan video di komunitas online.
  • Bentuk social media adalah interaktif, memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi, menciptakan bersama-sama, berdiskusi dan memodifikasi konten yang diciptakan pengguna (user generated content)
  • Konten informasi yang beredar di social media diperhitungkan berdasarkan kualitas isi, jangkauan, kuantitas, penggunaan, kecepatan penyampaian dan masa hidup konten.

Pada dasarnya, social media adalah media, tidak berbeda dengan media non-digital seperti koran dan majalah. Tetapi, konten dan informasi di social media disampaikan, disebarkan dan diterima oleh banyak orang. Berbeda dengan koran dan majalah dimana konten dan informasi disampaikan oleh hanya dari satu sumber saja. Semakin berkualitas dan semakin luas jangkauan konten tersebut, maka akan semakin lama konten tersebut beredar. Karena itulah tidak jarang ada berita yang baru menjadi bahan diskusi bertahun-tahun setelah berita tersebut muncul di negara asalnya.

Beberapa social media yang memiliki banyak pengguna di Indonesia: idGeekGirls, MakeMac, Temandroid, Segitiga.net (Blog), LinkedIn (Business Networks), Kaskus (Forum), Twitter & Tumblr (Microblog), Pinterest & Instagram (Photo Sharing), Facebook & Google+ (Social Networks), Youtube (Video Sharing).

Social Messaging

social-media-messaging-aplication-03

  • Social messaging adalah aplikasi untuk chatting yang dibangun dengan berdasarkan sistem social networking.
  • Aplikasi social messaging umumnya membutuhkan internet untuk digunakan, dan teks yang dikirimkan dibayar menggunakan kuota paket internet.
  • Aplikasi social messaging umumnya memiliki fitur Bertukar pesan teks (texting), bertelepon, group chat, message notifications, menggunakan emotikon dan stickers, serta saling mengirimkan file.

Pada dasarnya, social messaging adalah bentuk yang lebih digital daripada SMS. Beberapa social messaging app memungkinkan penggunanya untuk membuat group-group chat dan terkoneksi dengan sangat dekat, sehingga banyak yang mengira sebuah social messaging app sebagai social media.

Beberapa social messaging yang memiliki banyak pengguna di Indonesia: Blackberry Messenger (BBM), Line, Skype, KakaoTalk, WeChat, Whatsapp, Facebook Messenger, iMessage, Snapchat, Telegram.

Nah, sekarang setelah tahu bedanya, jangan salah lagi ya geekgals membedakan yang mana social media dan yang mana social messaging app.

Kalau geekgals sendiri, paling suka pakai app apa saja?. Kalau suka pakai Twitter dan Facebook jangan lupa add idGeekGirls ya. Terima kasih geekgals.

source: Wikipedia/Social_media

source: Wikipedia/Social_messaging

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1