Langkah-langkah Untuk Mempersiapkan Facebook Business Page Menyambut Desain Newsfeed Baru

Beberapa minggu yang lalu, idGeekGirls telah menulis sebuah artikel tentang Facebook akan merubah total desain newsfeed mereka. Perubahan ini tampaknya akan dilakukan bertahap, karena pengguna Facebook dapat mendaftar untuk waiting list menjadi yang pertama untuk mencoba desain baru ini. Sayangnya hingga hari ini newsfeed Facebook idGeekGirls belum berubah. Tetapi salah satu penulis idGeekGirls sudah mendapatkan newsfeed barunya.

Bagi geekgals yang memiliki laman page atau grup atau kegiatan komersial apapun di Facebook mungkin mulai merasa sakit kepala. Perubahan desain Facebook memang sangat drastis. Beruntung Courtney Seiter merumuskan 20 hal yang bisa geekgals lakukan selama menunggu page facebook geekgals mendapatkan desain barunya. idGeekGirls merangkum beberapa point yang kami anggap paling berguna:

Mendaftar Untuk Newsfeed Baru dan GraphSearch

Jadilah yang pertama mendaftarkan diri untuk menggunakan desain newsfeed Facebook yang baru. Facebook juga menambahkan fitur baru yang dinamakan Graph Search yang sayangnya untuk saat ini hanya tersedia bagi pengguna Facebook di Amerika Serikat saja. Tapi fitur ini dipercaya akan merubah cara orang-orang menggunakan Facebook sehingga ada baiknya geekgals memantau terus perkembangan dari fitur ini.

Audit Keterangan di Page

Apabila Graph Search sudah dibuka untuk umum nanti, semua data yang ada di Facebook geekgals teruma di bagian “About” akan menjadi keyword yang bisa dicari menggunakan Graph Search. Pastikan bahwa kategori bisnis & lokasi bisnis geekgals sudah tepat, tuliskan data di about dengan berdasarkan pada keyword-keyword yang akan membuat bisnis geekgals mudah ditemukan di Graph Search.

Atur Privasi “Like”

facebook newsfeed baru untuk bisnis_id geek girls blog_01

Sayangnya, point ini tidak hanya berlaku bagi page bisnis geekgals saja tapi juga laman akun Facebook pribadi para karyawan geekgals. Dengan menggunakan Graph Search, pengguna facebook dapat mencari “karyawan perusahaan apa yang suka film porno” atau “karyawan perusahaan apa yang suka minuman keras”. Ingatkan karyawan untuk mengatur “like” mereka dengan privasi yang ketat, agar hasilnya tidak merusak kredibilitas bisnis geekgals. Tidak mau khan bisnis geekgals terpampang di daftar pencarian “which companies have employees who “like” racism” seperti Target dan Mc.Donalds.

Berpikirlah Multimedia

facebook newsfeed baru untuk bisnis_id geek girls blog_02

Facebook newsfeed yang baru mampu mengakomodasi tampilan gambar, video dan bahkan tautan url yang lebih luas. Siapkan foto-foto hi-res dengan ukuran panjang image minimal 552px agar hasilnya tidak buram dan membuat kesal konsumen geekgals. Juga jangan ragu untuk mulai sering mem-posting video. Apabila memasukkan tautan url, jangan lupa meng-edit bagian-bagian yang dapat diubah dengan keyword-keyword agar bisnis geekgals mudah ditemukan oleh target pasar.

Mulailah mempromosikan Facebook Checkin

facebook newsfeed baru untuk bisnis_id geek girls blog_03

Facebook juga dikabarkan akan menambahkan fitur check-in yang mirip dengan foursquare. Bagi geekgals yang bisnisnya juga memiliki toko fisikal di dunia nyata, jangan ragu untuk mulai meminta para konsumen yang berkunjung untuk check-in di Facebook mereka.

Menjadi Yang Paling Trendi

Salah satu cara Facebook menjadikan desainnya tampak sangat simple adalah dengan mengelompokkan status-status di Facebook ke dalam kelompok-kelompok headlines. Sisihkan waktu untuk mempelajari hal yang sedang trendi di Facebook dan gunakan sebagai keyword dari update status bisnis geekgals sehingga akan muncul di jajaran headlines ter-trendi juga.

Berikan Perhatian Khusus Pada Cover

facebook newsfeed baru untuk bisnis_id geek girls blog_04

idGeekGirls selalu merasa bahwa Facebook cover adalah bagian yang sangat ironis dari desain Facebook cover, terutama bagi pengguna di Indonesia. Tidak terhitung banyaknya blog yang menuliskan bahwa Facebook cover adalah wajah dan bagian terpenting dari seluruh laman Facebook kita, seperti cover dari majalah. Tetapi sangat banyak bisnis di Indonesia yang menggunakan gambar seadanya untuk Facebook cover mereka. Siapkan foto yang indah dan menggambarkan bisnis geekgals sebagai Facebook cover. Jangan lupa untuk menggantinya secara teratur karena Facebook cover akan masuk ke newsfeed dan “photos”.

Mulai Proses Administrasi Foto

Harus diakui masalah foto di Facebook adalah seperti masalah yang tidak ada habisnya. Geekgals bisa dengan mudah memasukkan foto ke newsfeed facebook baik secara langsung maupun dengan menggunakan app yang ditautkan ke Facebook misalnya instagram. Pada saat membuka folder “photos” betapa malasnya melihat semua foto geekgals berantakan dan tidak berada dalam album yang seharusnya. Apabila geekgals memang sangat aktif memasukkan foto ke Facebook, baiknya secara teratur sisihkan waktu untuk memasukkan foto-foto geekgals ke dalam album-album yang seharusnya. Jangan lupa untuk memendekkan caption setiap foto, mengkategorikan foto dan men-tag foto tersebut.

Nah, apa geekgals sudah siap menyambut desain Facebook yang baru. Sejujurnya idGeekGirls merasa langkah Facebook untuk mengubah desain newsfeed kali ini sangat bijaksana karena dilakukan dengan bertahap, dan tidak langsung secara otomatis merubah desain semua akun Facebook. Dengan ini kita semua bisa menyiapkan diri untuk menyambut desain Facebook newsfeed yang baru. Kalau geekgals sendiri bagaimana pendapatnya?.

Source: marketingland.com

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

2 Responses

  1. Semoga blog ini bermanfaat bagi semua orang. Terimakaih yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1