Pilih-Pilih Lokasi Router Untuk Wifi Kuat dan Merata

Kalau kata mama-papa kita, jaman dulu kamar yang paling diperebutkan di dalam rumah adalah kamar yang ada jendelanya atau menghadap timur. Alasannya jelas karena kamar yang memiliki jendela pasti udaranya lebih segar dan tidak lembab, apalagi kalau menghadap timur, setiap pagi disapa sinar matahari yang membikin segar.

idgeekgirl_wifi_router_3_wifi–solver-ftdt

Tapi jaman sudah berubah. Sekarang, kamar yang paling diperebutkan adalah kamar yang sinyal wifi nya paling kuat. Umumnya rumah di Indonesia tertempel di tiga sisi dengan rumah tetangga dan berlantai dua. Siapapun yang sial mendapatkan kamar di bagian paling belakang rumah di lantai atas, pastinya harus siap-siap dengan sinyal wifi yang cuma satu baris.

Sebenarnya, ada lho cara untuk membuat sinyal wifi merata di hampir seluruh bagian rumah. Dan caranya sangat mudah, hanya dengan memindahkan posisi router internet di rumah geekgals. Jason Cole, mahasiswa PhD jurusan fisika di Inggris menemukan titik terbaik untuk meletakkan router dengan memetakan medan magnetik yang dipancarkan router. Dan hasilnya adalah

1. Letakkan router ditengah ruangan

Hampir semua orang meletakkan router di salah satu pojokan di rumah, atau dimanapun yang dekat dengan colokan listrik. Penempatan ini tidak efektif karena semua benda yang ada disekeliling router menyerap, menghalangi dan memperlemah sinyal. Idealnya, pilih lokasi yang paling sering digunakan untuk mengakses internet untuk meletakkan router.

idgeekgirls_wifi_router-1

Berdasarkan gambar ini, terlihat bahwa lokasi yang terjauh dari router mendapatkan sinyal wifi yang paling lemah. Tembok-tembok juga menghalangi sinyal memasuki ruangan. Untungnya sinyal yang berhasil memasuki sebuah ruangan umumnya dipantulkan beberapa kali oleh temboknya sehingga menjadi sedikit lebih kuat.

2. Hindari mengelilingi wifi dengan benda logam dan tembok

Logam mengalahkan sinyal wifi yang berupa medan elektromagnet dari router, karena itu jangan meletakkan router didekat dapur. Umumnya dapur adalah lokasi dengan benda logam terbanyak di dalam rumah.

Semen dan bata menyerap sinyal elektromagnetik dengan kuat. Sedangkan ubin dan gipsum cenderung mudah dilewati oleh sinyal elektromagnetik. Karena itu apabila memungkinkan letakkan router di ruangan yang terluas di rumah.

3. Jangan letakkan router dekat microwave

Banyak yang tidak tahu bahwa microwave juga menggunakan sinyal elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Sinyal yang dilancarkan microwave dapat mengganggu sinyal wifi. Untungnya microwave hanya digunakan sesekali saja.

4. Letakkan di tempat tinggi

Kenapa lantai atas hampir selalu mendapatkan sinyal wifi lebih lemah dibandingkan lantai bawah?. Jawabannya adalah karena umumnya router diletakkan di lantai atau meja di lantai bawah. Letakkan router di lemari yang tinggi atau gantung di dinding untuk meratakan sinyal wifi di lantai atas.

5. Atur posisi antena router

Kita hampir tidak pernah benar-benar memperhatikan posisi antena di router. Apabila geekgals menggunakan router yang memiliki satu antena, posisikan antena dalam posisi tidur untuk memperkuat sinyal di lantai atas rumah, dan dalam posisi berdiri untuk memperluas jangakauan sinyal wifi di rumah satu lantai. Apabila router geekgala tidak memiliki antena, arahkan bagian muka router ke wilayah yang geekgals inginkan sinyalnya terkuat. Yang paling ideal adalah router yang memiliki dua antena. Posisikan salah satu antena berdiri dan yang lainnya posisi tidur untuk menguatkan dan meluaskan jangkauan sinyal wifi.

6. Hindari meletakkan Router di tempat yang banyak orang

Sama seperti tembok, air juga menghalangi sinyal wifi. Dan 60% kandungan dalam tubuh manusia adalah air. Geekgals mungkin menyadari bahwa wifi di cafe selalu terasa lebih lemah disaat weekend. Kita selalu berpikir karena cafenya penuh, maka pengguna wifi juga banyak. Walaupun benar, tetapi jumlah tubuh yang ada disana juga ternyata memperlemah kekuatan sinyal wifi. Karena itu letakkan router di lokasi yang tidak banyak banyak orang.

idgeekgirls_wifi_router_2_wifi_solfer_ftdt

Kalau geekgals masih penasaran, bisa lho mencoba app untuk Android buatan Mr. Cole. Tapi geekgals membutuhkan sedikit pengetahuan teknis, karena app nya membutuhkan gambar floorplan tempat yang akan dipasangi router wifi. So, sekarang setelah geekgals tahu posisi-posisi ideal untuk meletakkan router wifi, sudah siap naik-naik kursi untuk meletakkan router diatas lemari?.

Source: Huffington Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1