Hidup Lebih Mudah Dengan Uang Elektronik

idgeekgirls_kartu_prabayar_multifungsi_uang_elektronik_2

Uang elektronik di Indonesia sedang bertumbuh dengan baik. Bank Indonesia mendefinisikan uang elektronik sebagai segala jenis uang yang tersimpan di sebuah system server atau chip yang digunakan oleh geekgals dalam bentuk layanan kartu prabayar multifungsi. Uang elektronik dan layanan kartu prabayar multifungsi sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan. Tetapi sistem non-cash untuk pembayaran Transjakarta yang diusung (pada saat itu) gubernur DKI Jakarta Pak Jokowi dan wakilnya Pak Ahok lah yang membuat sistem ini mendadak terkenal di Indonesia.

Transaksi pembayaran menggunakan uang elektronik sehari-hari kini semakin cepat dengan adanya kartu prabayar multifungsi tercepat di Indonesia. Kartu prabayar ini menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) mudah diisi ulang kembali. Hanya dengan memiliki satu kartu prabayar multifungsi, geekgals dapat bertransaksi di berbagai lini bisnis, belanja hingga menggunakannya sebagai alat pembayaran transportasi seperti Transjakarta, bayar masuk jalur tol hingga berbelanja di supermarket.

idgeekgirls_kartu_prabayar_multifungsi_uang_elektronik_3

image: tempo.co

 

Dengan adanya kartu multifungsi ini geekgals tidak perlu repot membawa uang banyak dalam dompet karena kartu multifungsi ini dapat menyimpan uang hingga 1 juta rupiah. Dalam penggunaannya juga tidak ada batas minimal transaksi dan biaya transaksi, berbeda dengan kartu debit atau kredit yang umumnya memiliki batas minimal transaksi Rp.25.000,00 bahkan kadang masih dikenakan biaya tambahan.

Bisa dikatakan kalau uang elektronik adalah suatu kemudahan bagi geekgals dalam bertransaksi di era globalisasi saat ini yang sayang untuk dilewatkan. Kini berbagai Bank telah mengeluarkan kartu prabayar multifungsi andalan mereka, mulai dari BCA yang mengeluarkan flazz, BRI yang mengeluarkan brizzi, BNI yang mengeluarkan tapcash, MANDIRI yang mengeluarkan e-money, DKI yang mengeluarkan jakcard dan masih banyak lagi. Beberapa bank mengharuskan geekgals memiliki rekening di bank tersebut untuk melakukan top-up melalui ATM, bank lainnya menyediakan fasilitas top-up menggunakan uang cash atau bisa melakukan top-up di minimarket. Jadi pilih dengan bijaksana ya.

idgeekgirls_kartu_prabayar_multifungsi_uang_elektronik_1

image: bni.co.id

 

Namun sangat di sayangkan di indonesia, bahkan di ibukota DKI Jakarta, belum semua tempat menerima pembayaran menggunakan kartu prabayar multifungsi atau menyediakan fasilitas top-up. Berbeda dengan Singapura dan Korea Selatan yang telah lama menggunakan kartu prabayar multifungsi ini, dimana orang-orang telah sangat terbiasa menggunakannya dan diterima di banyak sekali tempat. Bisa dikata, Indonesia baru mulai merintis menggunakan kartu prabayar multifungsi ini dan diharapkan dengan adanya kartu prabayar multifungsi dapat memudahkan kehidupan kita semua serta dapat menguatkan perekonomian di indonesia.

Jadi apakah geekgals punya pengalaman dengan kartu prabayar multifungi? Atau baru mau mulai mencoba? Share dengan kita pengalaman geekgals ya.

Source: TechInAsia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1