UAPS Dan Website Kepedulian Bagi Binatang Buruk Rupa

Apabila idGeekGirls berani berkata keras-keras “kucing dan anjing itu overrated“, idGeekGirls yakin pasti banyak geekgals yang langsung kesal dan ingin protes. Apa salahnya dengan kucing dan anjing? mereka lucu. Harus diakui, mereka memang lucu, sama lucunya dengan panda, koala, lumba-lumba, penguin dan banyak hewan lainnya. Tapi bagaimana dengan hewan yang tampilan fisiknya tidak lucu, bahkan mungkin tampak menyeramkan.

Ternyata, tanpa disadari, manusia juga lebih ramah pada binatang-binatang yang berpenampilan indah. Binatang-binatang yang penampilannya tidak indah lebih banyak kebagian sumpah serapah “amit-amit” dari yang melihatnya. Berdasarkan kenyataan tersebut, didirikanlah The Ugly Animal Preservation Society.

binatang-buruk-rupa_id-geek-girls-blog_1

Seperti dilansir oleh Discovery News, Simon Watt seorang Evolutionary Biologist mendirikan The Ugly Animal Preservation Society (UAPS) dengan tujuan

“dedicated to raising the profile of some of Mother Nature’s more aesthetically challenged children. The panda gets too much attention.”

Seperti juga LSM Lingkungan terkenal macam WWF atau Green Peace, UAPS bergerak di dunia maya dan dunia nyata. Desain website mereka memang tidak begitu bagus, tetapi sangat informatif. UAPS bahkan memiliki hall of fame mereka yang dinamakan “Ugly Animal OF The Week” yang berisi artikel berisi foto, video dan keterangan mengenai binatang-binatang buruk rupa dari seluruh dunia. idGeekGirls sendiri menemukan hall of fame UAPS ini sangat menarik. Tapi untuk geekgals yang berperut lemah, sangat disarankan untuk berpikir ulang sebelum membukanya.

binatang-buruk-rupa_id-geek-girls-blog_2

Ternyata, kemudahan dunia maya membuat gerakan yang mirip dengan UAPS mulai banyak bermunculan. WTFevolution adalah salah satunya. Geekgals juga bisa langsung mencari di Tumblr atau Pinterest dengan menggunakan tag “ugly animal” untuk memunculkan banyak foto lainnya.

Sangat menyedihkan bahwa banyak dari binatang ini mengalami nasib yang lebih buruk daripada binatang yang berpenampilan indah. Jumlah mereka terus menurun serta kurangnya perhatian dari para peneliti dan media. Bahkan idGeekGirls pernah membaca bahwa banyak dari binatang ini sengaja dimusnahkan oleh manusia karena buruk rupa membuat mereka diidentikkan dengan sihir, nasib sial atau penyakit.

Siapa bilang kita harus punya website yang luar biasa bagus untuk mendapatkan perhatian di dunia maya?. Belajar dari UAPS, terkadang kepedulian adalah yang paling penting, bukan penampilan. Nah, apakah geekgals memiliki ide untuk membantu para binatang buruk rupa ini?. Jangan lupa di sharing dengan kita ya.

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1