10 Tips dan Trik Food mobile phone photography

Semenjak mobile phone dilengkapi dengan kamera yang berkualitas tinggi, sepertinya hampir semua orang meninggalkan kamera saku. Salah satu objek favorit semua orang untuk difoto adalah makanan. idGeekGirls sendiri kurang paham kenapa bisa suka sekali memoto makanan, terutama kalau sedang ke restoran. Apa mungkin karena saking semangatnya melihat menu favorit dalam tampilan ala chef yang indah, jadi tidak sabar untuk berbagi.

foodstagram_id geek girls blog

Sayangnya, beberapa orang terlalu bersemangat untuk memoto hidangan mereka di restoran, sampai dianggap mengganggu kenyamanan konsumen lain. Akibatnya, beberapa restoran melarang konsumennya memoto makanan mereka selama bersantap.

Kecuali geekgals adalah fotografer makanan profesional yang sampai butuh kamera DSLR dan tripod untuk memoto makanan di piring, sebenarnya kamera mobile phone sudah cukup untuk melakukan foodstagram (istilah kegiatan mengabadikan foto makanan untuk disebarkan melalui jejaring sosial). Bagaimana supaya hasil foodstagram geekgals bagus?. IdGeekGirls merangkum tips fotografi makanan menggunakan mobile phone dari berbagai sumber:

Pilih Gadget Yang Tepat

Gadget yang bagus akan menghasilkan hasil foto yang bagus. Walaupun hanya untuk disebar di jejaring sosial, foto yang pecah dan warnanya pucat tentu tidak menyenangkan untuk dilihat. Kualitas foto di mobile phone tidak hanya ditentukan oleh besarnya Megapixels kamera, tapi juga kualitas lensa, kualitas digital zoom dan aplikasi bawaannya. Sejauh ini, tampaknya kualitas hasil foto iPhone masih paling mumpuni, terbukti dari banyaknya fotografer profesional yang memilih iPhone.

Pilih Aplikasi Yang Tepat

Biasanya, aplikasi bawaan dari mobile phone tersebut hanya memiliki fitur yang terbatas. Apabila geekgals menggunakan aplikasi yang gunanya hanya untuk mengambil foto, maka warna foto harus di edit lagi menggunakan aplikasi lain. Repot bukan?!. Cari aplikasi yang memiliki fitur untuk meningkatkan kualitas hasil foto, sekaligus fitur untuk me-retouch warna foto. Untuk app retouch, idGeekGirls sangat menyarankan untuk ikut mainstream saja, pakai aplikasi yang dipakai banyak sekali orang, misalnya Camera+ atau Snapseed di iOS. Karena biasanya kualitas mereka juga terbaik.

No FlashLight

Banyak fotografer profesional sangat tidak menyarankan untuk menggunakan flashlight (lampu kilat) saat mengambil foto makanan, karena lampu kilat akan merusak warna objek foto. Cahaya yang terbaik adalah cahaya alami alias sinar matahari. Jadi, kalau kamu memang sangat ingin mendapatkan hasil foto terbaik, sebaiknya dilakukan saat siang hari yang cerah, dan pilih lokasi duduk di outdoor atau di dekat jendela agar bisa mendapatkan banyak cahaya.

Perhatikan Kondisi Objek Foto

Inti dari food fotography adalah menghasilkan foto makanan dalam kondisi terbaiknya sehingga orang yang melihat foto tersebut ikutan ngiler. Makanan yang bahan-bahannya disajikan terpisah-pisah adalah objek foto yang ideal, misalnya: steak akan terlihat jauh lebih bagus di foto dibandingkan soup. Jadi, sebelum kalap foto-foto perhatikan benar-benar apakah objek foto geekgals memang layak di foto. Tumis kangkung favorit geekgals rasanya memang enak sekali di mulut, tapi di foto akan terlihat seperti gumpalan-gumpalan daun berwarna hijau kehitaman. Tidak menarik sama sekali.

Warna adalah unsur utama

Makanan yang berwarna-warni akan selalu tampak lebih indah di foto dibandingkan makanan yang hanya satu warna. Apabila geekgals memang sudah berniat akan foto-foto, jangan pernah melewatkan makanan penutup. Makanan penutup selalu tampak sangat indah di foto.

Koleksi Aplikasi Filter

Instagram memang menyenangkan. Tetapi dengan pilihan filter yang jumlahnya hanya belasan, apabila geekgals punya ratusan foto, maka pada akhirnya semuanya akan terlihat sama saja. Simpan beberapa app filter favorit kamu agar hasil foto terlihat lebih bervariasi. Pertimbangkan juga untuk memakai beberapa filter yang berbeda di satu foto yang sama, karena terkadang hasilnya benar-benar unik dan bagus.

Peralatan Makan Adalah Tripod

Apapun di meja makan bisa menjadi tripod. Tangan geekgals, gelas kosong, kotak tisu, apapun asalkan bisa menyangga mobile phone artinya bisa digunakan sebagai tripod. Favorit idGeekGirls adalah nomer meja, karena biasanya bentuknya yang seperti huruf “T” bisa memberikan dudukan yang stabil untuk mobile phone. Jadilah kreatif dalam menggunakan peralatan yang ada di sekitar geekgals.

Duduk Adalah Posisi Ideal

Apabila geekgals memperhatikan foto di iklan restoran atau di menu, biasanya foto makanan diambil dari sudut pandang lurus dari samping atau lurus dari atas. Tujuan penggunaan sudut pandang ini adalah agar konsumen mengetahui bahan makanan apa saja yang ada didalam sebuah menu, bukan karena itu adalah sudut pandang terbaik. Pada kenyataannya, penataan menu di piring dilakukan dengan tujuan agar makanan terlihat indah dari sudut pandang konsumen saat menerima makanan tersebut di meja. Artinya, seringkali duduk akan memberikan sudut pandang terbaik saat geekgals ingin memoto makanan tersebut.

Foto Hanya Diawal Makan

Kecuali geekgals adalah reporter foto dari negara barat yang merasa sangat kaget melihat orang Indonesia makan nasi dengan menggunakan tangan, idGeekGirls rasa tidak ada gunanya memoto ulang makanan yang sedang kita makan setelah setiap suapan. Alasan utamanya adalah karena bentuknya tidak lagi sempurna, tentu nilai estetisnya sudah berkurang. Alasan keduanya adalah karena kegiatan tersebut sangat mengganggu. Alasan ketiga adalah karena geekgals harus …

Enjoy Your Meals

Di akhir sesi berfoto, jangan pernah lupa untuk menikmati makanan yang sudah geekgals pesan. Terkadang kita terlalu semangat memoto dan menyebarkannya ke jejaring sosial sampai akhirnya pada saat kita mulai makan makanan sudah dingin. Marilah kita hargai chef yang sudah memasak dan menata makanan tersebut. Pada saat makanan tiba, ambil foto secukupnya, simpan mobile phone dan nikmati setiap suapannya. Setelah makanan habis ambil kembali mobile phone, pilih foto terbaik, edit fotonya, lalu share di jejaring sosial lengkap dengan nama menu, nama restorannya dan pendapat kamu tentang rasa masakan tersebut. Hmm…terdengar menyenangkan bukan?!.

Source: lunchnoxbunchSource: mobilephonefoodphotographySource:finedininglovers

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

1 Response

  1. Marlin says:

    aku ngumpulin foto makanan loh :)….supaya kalau pas ga ada ide mau makan apa, tinggal buka albumnya…..
    sekalian bagi-bagi info buat temen yang nyari makanan enak

    https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150521557049983.377442.687464982&type=3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1