Total Editor dan Penulis Perempuan di Wikipedia Hanya Mencapai 9% Saja.

idGeekGirls akan sangat terkejut apabila ada orang yang menggunakan komputer dan internet, tapi tidak tahu Wikipedia. Tampaknya, wikipedia telah menjadi acuan dari pengetahuan umum, sumber dari ribuan karya tulis ilmiah, atau mungkin bacaan sebelum tidur untuk beberapa orang.

Diluar kepopulerannya, ternyata hanya sedikit orang yang tahu bahwa artikel di Wikipedia adalah tulisan dari banyak orang yang disebut sebagai editor. Sumber tulisan di Wikipedia juga banyak berasal dari sumber non-formal, misalnya: blog, liputan acara TV atau radio bahkan koran gosip. Karena hal inilah artikel Wikipedia tidak boleh dimasukkan sebagai sumber dalam karya tulis ilmiah. Terutama karena tidak jelas siapa saja para editor dari sebuah artikel.

Siapa yang bisa menjadi editor di Wikipedia?. Pada dasarnya siapa saja bisa menjadi editor di Wikipedia. Apabila ada yang merasa isi sebuah tulisan di Wikipedia tidak tepat, maka editor lain bisa langsung mengeditnya. Pengguna Wikipedia sendiri terdiri dari 50% perempuan dan 50% laki-laki. Tapi, sebuah infografis dari Knock Twice yang berjudul “Wikipedia’s Gender Gap” menunjukkan data yang mencengangkan dan mengkhawatirkan. Hanya 9% dari seluruh editor Wikipedia adalah perempuan. Bayangkan, 10% saja tidak sampai.

Bahkan buat idGeekGirls ini data yang sangat mengagetkan. Mengingat jumlah mahasiswa perempuan yang terus meningkat, bahkan di banyak negara maju jumlah mahasiswa perempuan jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah mahasiswa laki-laki, ternyata tidak banyak perempuan yang mau membagi pengetahuannya kepada dunia. Apabila melihat bidang yang banyak diminati perempuan adalah: People dan Arts. Hmm…kenapa idGeekGirls jadi curiga bahwa tulisan kebanyakan perempuan adalah tentang selebriti dan musik atau film dari selebriti tersebut.

Kalau idGeekGirls bilang jangan takut menulis sepertinya nggak akan menghilangkan rasa takut hasil tulisan bakal jelek ya. Mungkin bisa diingat saja kalau di Wikipedia itu tidak akan ada yang mencela kalian, karena tidak ada yang tahu siapa saja editor dari sebuah tulisan.

Tertarik untuk menjadi Wikipedia Editor?. Geekgals bisa langsung cek halaman Welcome to Wikipedia. Atau kalau ingin terlibat lebih dalam lagi, Geekgals bisa juga menjadi administrator artikel Wikipedia. Cara dan tanggung jawabnya bisa dilihat disini.

Nah, sekarang sambil merencanakan mau menulis artikel apa di Wikipedia, disimak juga infografis-nya yuk.

Source

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1