Bertanya Dan Ditanya Makin Asyik di Ask.fm

idgeekgirls-ask.fm

Di zaman yang serba modern ini, siapa yang tak kenal dengan media sosial? Setiap hari bahkan setiap menit, sadar atau tidak sadar, banyak dari kita sibuk mengetuk-ngetuk layar handphone hanya untuk sekedar melihat tweet-tweet baru para selebriti di beranda Twitter atau mengecek kolom permintaan pertemanan di laman Facebook siapa tahu si gebetan berhasil menemukan akun kita dan berusaha menjalin pertemanan dengan kita.

Media sosial memang tak bisa dipungkiri telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, tahukah geekgals bahwa di samping media-media sosial di atas, kini terdapat satu media sosial khusus komunikasi tanya-jawab yang sangat hits di kalangan para netizen khususnya kaum muda? Ya, media sosial tersebut adalah Ask.fm. Bagi geekgals yang selama ini selalu kepo alias penasaran dengan apa yang dialami oleh orang-orang di sekitar geekgals atau mungkin memendam berbagai pertanyaan tetang seseorang atau sesuatu, geekgals tidak perlu khawatir lagi karena dengan Ask.fm, geekgals bebas melontarkan pertanyaan apa pun kepada orang lain. Cukup dengan membuat akun pribadi geekgals di Ask.fm, geekgals bebas mengirim pertanyaan-pertanyaan kepada akun-akun lain.

idgeekgirls-ask.fm-founder

Ask.fm merupakan media sosial ciptaan dua pemuda asal Latvia bernama Iija Terebin dan Mark Terebin yang resmi dipublikasikan tahun 2010. Pasangan kakak beradik ini menuturkan bahwa mereka ingin menjadikan aplikasi ini sebagai sarana tanya-jawab yang asyik, mudah, dan cepat bagi para pengguna internet. Salah satu keunikan yang diberikan dalam aplikasi Ask.fm ialah opsi anonymous. Opsi ini bisa dipakai apabila pengguna ingin bertanya kepada akun lain dengan menyembunyikan nama dari akun kita sehingga akun penerima pertanyaan hanya akan menerima pertanyaan tanpa embel-embel nama akun. Dengan begitu, geekgals tidak perlu takut atau malu ketahuan menanyakan sesuatu kepada akun lain.

idgeekgirls-ask.fm-indah-sagala

Di Indonesia, angka pengguna media sosial terbilang cukup fantastis. Untuk aplikasi Ask.fm sendiri memang masih kalah populer dibandingkan aplikasi media sosial lain seperti Facebook, tetapi secara perlahan tapi pasti, media sosial yang satu ini mulai merebut simpati netizen Indonesia. Indah Sagala, salah satu pengguna Ask.fm dari Indonesia yang kini telah menerima lebih dari 1500 pertanyaan menuturkan bahwa sejak dirinya membuat akun di Ask.fm pada akhir tahun 2013, ia terus mendapat berbagai pertanyaan mulai dari hal-hal sepele hingga pertanyaan-pertanyaan yang menguji pandangan dan pendiriannya akan sesuatu. Indah mengaku bahwa sejauh ini ia sangat enjoy menggunakan Ask.fm karena selain bisa menjawab berbagai pertanyaan dari orang lain tentang dirinya, ia juga bisa menemukan berbagai jawaban-jawaban dari akun-akun lain di timeline-nya yang tidak hanya membuka wawasan tetapi juga memberikan berbagai perspektif baru dalam memandang suatu persoalan. Lebih lanjut, dara kelahiran Jakarta ini menambahkan, ia akan terus menggunakan Ask.fm selama media sosial ini masih dirasa relevan.

Sayangnya Ask.fm juga dihantui oleh kasus-kasus cyber bullying. Karena pengguna dapat mengirim pertanyaan secara anonymous, geekgals boleh khawatir akan kemungkinan menerima pertanyaan-pertanyaan jahil atau bully dari akun lain karena pasti ada troll di website apapun. Hal ini diakui oleh para pembesar Ask.fm, dan mereka juga mengakui belum mendapatkan metode pemecahannya. Karena bertanya secara anonymous adalah kekuatan utama Ask.fm dibandingkan media sosial lainnya.

idgeekgirls-ask.fm-2

Tetapi sebenarnya geekgals tidak diwajibkan menjawab semua pertanyaan yang masuk. Geekgals dapat langsung menghapus pertanyaan yang tidak berkenan di hati. Selain itu, apabila geekgals merasa terganggu dengan jawaban-jawaban dari akun lain (misalnya jawaban tersebut mengandung unsur SARA), Ask.fm menyediakan fasilitas report/lapor yang akan secara otomatis menghapus jawaban tersebut dari timeline geekgals dan melaporkannya secara otomatis ke kantor pusat Ask.fm di Latvia untuk ditindaklanjuti.

So, buat geekgals yang tertarik menggunakan Ask.fm, geekgals bisa langsung signup di www.ask.fm. Dan satu hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum memulai menggunakan Ask.fm atau media sosial manapun ialah memastikan bahwa diri kita telah cukup umur dan siap bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan media sosial yang kita buat. Jangan lupa bertanya kepada idGeekGirls di Ask.fm. Selamat mencoba!

Source: bbc.co.uk

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1