Kenapa Harus Semangat Menjadi Volunteer

Bencong event. Pernahkah geekgals mendengar istilah tersebut, yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang tidak pernah absen dari acara apapun yang ada di lingkungannya. Mulai dari acara networking, forum, komunitas, musik sampe acara nonton bioskop bareng dia pasti ada.

Walaupun istilahnya terdengar negatif, tetapi orang-orang yang gemar menghadiri berbagai acara ini sebenarnya memiliki banyak keuntungan dibandingkan mereka yang pilih-pilih. Coba saja perhatikan, selain mengenal banyak orang, mereka juga biasanya mendapatkan beberapa fasilitas yang sebenarnya hanya untuk panitia. Hm, asyik juga ya. Tapi geekgals khan sibuk, dana juga terbatas untuk bisa hadir terus-menerus di banyak acara. Mungkin, ini waktunya geekgals menjadi volunteer.

Volunteer_id-geek-girls-blog

Volunteer atau pekerja suka-rela belakangan banyak dibutuhkan di acara-acara. Beberapa acara memberikan timbal balik uang, lainnya mungkin hanya memberikan makan siang. Karena uang atau barang yang didapatkan seringkali dirasa tidak setara dengan waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, banyak yang merasa malas menjadi volunteer. Padahal, dengan sering menjadi volunteer, geekgals bisa mendapatkan hal-hal seperti ini nih.

Membangun Networking

Dengan menjadi volunteer geekgals bisa secara langsung bertemu banyak orang. Bukan tidak mungkin geekgals malah ditugaskan untuk bekerja dengan orang terkenal, misalnya menjadi penghubung untuk pembicara utama atau menjadi moderator di panggung. Biasanya orang akan lebih mudah mengingat anggota tim panitia, karena selama acara berlangsung mereka akan tergantung pada tim panitia acara.

Network yang luas ini akan sangat berguna di kemudian hari apabila geekgals ingin memulai start-up atau acara geekgals sendiri.

Koneksi Positif

Secara prikologis, kebanyakan orang menganggap volunteer sebagai orang yang baik. Kurang baik bagaimana apabila geekgals hanya dibayar dengan makan siang, tapi bersedia menghabiskan hari sabtu dan minggu berkeringat mengurus ini-itu di sebuah acara networking. Panitia lainnya juga biasanya sangat senang apabila ada volunteer yang mengundang teman-temannya untuk dikenalkan dengan panitia lainnya.

Biasanya, sebagai balasan, anggota tim panitian juga akan mengenalkan teman-teman atau koleganya ke volunteer. Terkadang mereka juga diam-diam memberikan rekomendasi. Efek positif dari hubungan semacam ini mungkin baru dapat dirasakan beberapa tahun kemudian. Tapi dijamin geekgals tidak akan menyesalinya.

Menjadi Bagian Dari Sesuatu Yang Besar

Apabila menjadi volunteer di acara yang tepat, geekgals bisa mendapatkan pengalaman bekerja dengan brand besar, nama-nama besar di industri, mungkin bahkan dengan tokoh masyarakat atau negara. Coba bayangkan apabila geekgals ingin membuat sendiri acaranya, kapan ya bisa mengundang nama-nama besar itu?. Pasti masih lama sekali dan juga butuh biaya yang tidak sedikit.

 

Gimana? masih malas menjadi volunteer?. Daripada kelamaan ditimbang-timbang, lebih baik langsung mendaftarkan diri jadi volunteer di acara-acara di kota geekgals yuk. Kalau masih bingung, idGeekGirls punya banyak teman komunitas yang hobi membuat acara dan pastinya selalu membutuhkan volunteer. Tertarik?

Source: Envato Notes

Image courtesy of Staopen.org

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

4 Responses

  1. Meutia says:

    Pengen tau dong, kalo gue mau ngedapetin info-info tentang volunteering dimana ya? soalnya kalo di neighborhood gue sendiri kan belum rame nih adanya kegiatan2 yang membutuhkan volunteers.

    • sissy says:

      Kebanyakan di share melalui social media. Atau kalau punya kenalan yang kerja di Event Organizer, bisa langsung daftar ke mereka.

    • Biasanya yang membutuhkan volunteer itu kegiatan sekolah/kampus/komunitas Kak. Bisa coba cari di twitter dengan keyword “volunteer”, bahkan sekarang ada komunitas yang member nya semuanya volunteer.

  2. Titha says:

    Caranya gimana ya buat jadi volunteer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1