Tips dan Trik Sukses di Bidang Pekerjaan Yang Didominasi Laki-laki

Beberapa tahun lalu, para orang tua masih mengarahkan anak perempuannya untuk memasuki bidang yang berkonotasi feminin seperti: komunikasi, sastra atau psikologi. Seiring dengan semakin populernya bidang teknologi, kini semakin banyak perempuan yang memasuki bidang teknologi. Bidang-bidang lain yang didominasi laki-laki seperti desain, sains, militer atau industri berat juga semakin diminati kaum perempuan.

perempuan-di-bidang-yang-didominasi-laki-laki_id-geek-girls-blog

Sayangnya, tidak semua perempuan siap untuk memasuki bidang kerja yang dipenuhi oleh kaum laki-laki. Jangankan di indonesia, Little Miss Geek mencatat bahwa di Inggris hanya ada 17% perempuan di industri teknologi dan jumlah ini terus berkurang 0.5% setiap tahunnya.

Beruntung Forbes merangkum tips dan trik bagi para perempuan yang ingin bekerja di bidang pekerjaan yang didominasi oleh para laki-laki. Ini dia:

Temukan Seorang Mentor

Temukan perempuan lain yang telah lebih dulu berada di tempat kerja geekgals dan mencapai kesuksesan. Biasanya mereka telah menemukan kunci untuk memposisikan dirinya di lingkungan yang didominasi laki-laki. Tidak ada salahnya untuk mencoba dekat dengan mereka, mengobrol, berbagi cerita dan pendapat serta meminta nasihat untuk masalah-masalah yang geekgals hadapi di tempat kerja.

Tunjukkan Kepercayaan Diri

Tidak ada yang suka dengan orang yang tidak memiliki kepercayaan diri. Kebanyakan laki-laki menampilkan dirinya sebagai orang yang sangat percaya diri. Perempuan yang tampil tidak percaya diri tentu akan langsung tampak menonjol. Selalu percaya bahwa geekgals memiliki kualitas yang setara dengan rekan kerja laki-laki akan sangat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu percaya diri sampai menjadi sombong.

Miliki Sikap

Kita semua dikelilingi oleh orang-orang yang selalu memberitahu bagaimana kita harus bersikap di lingkungan. Bedanya, kebanyakan laki-laki tidak mempedulikan, sedangkan kebanyakan perempuan terlalu mempedulikan. Karena itulah banyak laki-laki memandang perempuan sebagai orang yang tidak memiliki pendirian. Menjadi diri sendiri mungkin jauh lebih mudah dilakukan di lingkungan kerja yang didominasi laki-laki, karena kebanyakan dari mereka lebih peduli tentang apakah geekgals bisa menyelesaikan deadline di hari itu dibandingkan warna baju dan sepatu geekgals yang tidak serasi.

Belajar Dari Rekan Kerja Pria Yang Sukses

Jangan hanya belajar dari sesama perempuan. Perhatikan rekan kerja laki-laki yang sukses dan perlakukan mereka juga sebagai mentor. Tantangannya mungkin lebih berat, apalagi kalau rekan kerja laki-laki tersebut memiliki pasangan yang cemburuan misalnya. Tetapi tidak tertutup juga kemungkinan kalau geekgals akhirnya bisa mendapatkan sahabat baru.

Kamu Harus Menginginkannya

Semua orang bisa tampil setara di ruang rapat. Tetapi begitu para laki-laki berkumpul, suasana berubah 180˚. Mulai dari pembicaraan konstan soal pertandingan olahraga, diskusi tentang otomotif sampai joke porno yang membuat geekgals pusing. Semuanya kembali lagi kepada geekgals. Silakan tanya kepada diri sendiri apakah geekgals memang benar-benar menginginkan pekerjaan ini? atau tidak?.

Gender-Schmender

Istilah gender-schmender memang sangat tidak familiar. Gender-schmender adalah istilah yang digunakan untuk orang yang memiliki pandangan yang sangat gender-stereotype, misalnya: anak perempuan harus memakai pink dan anak laki-laki harus memakai biru. Menjadi seorang gender-schmender di lingkungan kerja yang didominasi laki-laki cenderung merugikan. Karena geekgals akan terus-menerus menuntut persamaan gender. Padahal hal itu tidak mungkin.

Geekgals akan selalu terikat dengan gender dan stereotype gender geekgals. Ada keuntungan dan kerugian dari masing-masing gender di tempat kerja. Daripada menjadi seorang gender-schmender lebih baik perhatikan lingkungan kerja dengan seksama agar tidak ada kesempatan yang geekgals lewatkan hanya karena geekgals adalah seorang perempuan.

Apakah geekgals saat ini kuliah atau bekerja di bidang yang didominasi oleh laki-laki?. Atau geekgals ingin bekerja di bidang yang penuh dengan laki-laki?. Jangan lupa untuk berbagi cerita dengan idGeekGirls di bagian comment ya.

Source: Forbes

Photo courtesy of Victor1558 on Flikcr

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1