Ingin Meraih Hati Pemilih Usia Muda, Game Dijadikan Alat Kampanye Politik

Pemilihan umum Gubernur Jawa Barat baru saja berakhir. Sudah bukan rahasia lagi kalau pemilih usia muda termasuk golongan yang kurang antusias dengan kegiatan pemilu. Berbagai cara dilakukan oleh para kandidat politik untuk mendekati target pasar ini. Misalnya dengan mengandalkan buzz marketing di jejaring sosial. Atau dengan memanfaatkan sebuah media yang sangat digemari anak muda. Apalagi kalau bukan media game.

Ternyata game sebagai alat kampanye politik bukanlah hal baru, karena sejak 2009 telah ada game semacam itu. idGeekGirls merangkum beberapa game yang sempat diberitakan sebagai alat kampanye para calon kuat di ajang pemilihan umum.

SBY Berantas Korupsi

game kampanye politik sby_id geek girls blog

Game dengan sistem permainan ala whack-a-mole ini mulai beredar di tahun 2009. Pada saat itu Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tengah menjalani kampanye untuk menjadi presiden Indonesia untuk ke dua kalinya. Tema dari permainan ini adalah SBY menghajar para tikus berdasi alias koruptor. Game yang bisa di download disini dibuat oleh David Seta Budi sebagai dukungannya kepada SBY.

Jokowi-Ahok Selamatkan Jakarta

game kampanye politik jokowi ahok_id geek girls blog

Game Jokowi-Ahok ini memiliki gameplay mirip dengan Angry Birds dari Rovio. Game yang mulai beredar pada saat kampanye Gubernur DKI. Jakarta ini bercerita tentang usaha pasangan Jokowi-Ahok untuk mengentaskan empat permasalahan utama di Jakarta, yakni oknum pejabat yang korup, pengusaha hitam, preman, dan tempat sampah. Ironisnya, game ini dibuat oleh Metric Design yang berlokasi di Bandung. Untuk geekgals pengguna Facebook bisa langsung mencoba game ini disini

Dede-Laksamana Tendangan Maut

game kampanye politik dede laksamana_id geek girls blog

Untuk kampanye pemilihan Gubernur Jawa Barat, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana memilih mengangkat sepakbola sebagai tema game-nya. Game yang diberi judul “Tendangan Maut” ini memajukan karakter utama Ajat Sudrajat, yang melawan pemain bola internasional yang namanya diplesetkan menjadi David Bekam, Wayne Roni dan Maradono. Dengan desain yang disesuikan dengan atribut tim sepakbola asal Bandung, Persib, game yang bisa dimainkan disini ini menjadi kampanye yang pintar untuk merebut hati para Viking.

Menurut idGeekGirls, biarpun menarik sangat disayangkan gameplay dari game-game kampanye politik ini terkesan tidak original. Jadi bagaimana menurut geekgals?. Apakah game merupakan alat kampanye yang baik atau tidak?. Tuliskan pendapat geekgals di comment ya 🙂

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

1 Response

  1. January 20, 2014

    […] ini disadur dari blog IdGeelGirls. Menunjukkan bahwa penggunaan game sudah ada sejak pemilu lalu. Sadurannya adalah sebagai […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1