Cara termudah membuat screenshot panjang di Android

Screenshot adalah salah satu cara yang paling efektif dan mudah untuk membagikan sesuatu yang menarik ke orang lain. Ada banyak cara screenshot di laptop maupun di smartphone. Gadget Android geekgals sudah menyediakan fitur untuk mengambil screenshot, cara yang paling umum adalah menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Sayangnya, fitur screenshot bawaan yang ada di smartphone geekgals biasanya cuma bisa menangkap layar yang terlihat saat itu. Fitur ini tidak bisa mengambil screenshot untuk halaman yang panjang atau butuh scrolling. Saat seperti inilah geekgals butuh fitur screenshot panjang di Android.

Padahal, berbeda dengan laptop yang mempunyai layar yang besar, HP mempunyai layar yang lebih kecil sehingga hampir semua aplikasi di HP pasti butuh scrolling agar pengguna bisa mendapatkan informasi yang lengkap.

Tidak banyak aplikasi yang bisa menawarkan screenshot panjang di beragam aplikasi sehingga pengguna akan kesulitan jika ingin membagikan sesuatu secara utuh. Karena itulah banyak kita temukan hasil screenshot berbelas-belas layar bertebaran di social media.

Sebenarnya untuk bisa mengambil screenshot panjang di Android caranya sangat mudah lho. Geekgals memang perlu menggunakan tambahan aplikasi yang bisa didownload langsung di Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal adalah Longshot by Leav Jenn.

Enaknya aplikasi ini karena dia bisa mengambil screenshot panjang dari halaman web chat di aplikasi instant messaging bahkan tampilan app tertentu.

Berikut adalah cara screenshot panjang di Android dengan aplikasi Longshot:

Mengambil screenshot panjang dari halaman web

  1. Search “Longshot” di Google Play lalu pilih aplikasi “Longshot by Leav Jenn”.
  2. Setelah aplikasi Longshot terinstal, buka aplikasi lalu pilih menu Capture Web Page.
  3. Masukkan URL dari halaman web yang mau di-screenshot.
  4. Pilih posisi untuk memulai screenshot (start position).
  5. Pilih posisi selesai screenshot (end position). Geekgals bisa scroll ke bawah apabila mau mengambil screenshot secara penuh satu halaman.
  6. Longshot akan otomatis mengambil screenshot dari posisi mulai hingga posisi selesai.
  7. Screenshot otomatis tersimpan di smartphone Android geekgals.

Sangat mudah kan geekgals?. Tapi, untuk mengambil screenshot panjang di aplikasi lain seperti Twitter, Line, atau Whatsapp perlu langkah-langkah khusus.

Mengambil screenshot panjang dari aplikasi lain

  1. Setelah aplikasi Longshot terinstal, buka aplikasi lalu pilih menu Capture Screenshot.
  2. Jika ini pertama kali menggunakan Longshot, maka aktifkan pilihan “Permit drawing over other apps” di pop-up.
  3. Klik start now dan tekan tombol kembali. Di layar HP kamu akan muncul tombol “Start” dan “Cancel” untuk mengambil screenshot.
  4. Buka aplikasi yang ingin geekgals ambil screenshot-nya dan tekan tombol Start.
  5. Scroll ke bawah secara perlahan dan jangan scroll ke atas jika belum selesai.
  6. Apabila sudah sampai ke posisi akhir, klik tombol “Done”.
  7. Longshot akan otomatis mengatur hasil screenshot tadi.
  8. Geekgals bisa cek dulu hasil screenshot-nya, apabila ada bagian yang kurang pas, geekgals bisa mengatur posisi screenshot atau menghapus bagian tertentu.
  9. Setelah puas dengan hasilnya, tekan tombol “Save” di pojok kanan atas.
  10. Hasil screenshot sudah tersimpan di perangkat kamu.

Longshot memang hanya menawarkan fitur screenshot panjang saja, sedangkan ada aplikasi lain yang memiliki fitur image editing juga. Tapi, selain bisa digunakan untuk screenshot di berbagai aplikasi, Longshot juga bisa digunakan secara gratis dan tidak mengandung iklan yang mengganggu.

Nah, sekarang gampang kan kalau geekgals mau membagikan info penting atau cerita seru menggunakan screenshot. Nggak perlu lagi mengscreenshot puluhan gambar yang resiko kebalik-balik pas dipostingnya juga besar. Setuju kan kalau geeky life is a simple life?

Kalau geekgals biasanya buat screenshot panjang pakai aplikasi apa nih? share yuk di komen. Jangan lupa follow twitter idGeekGirls untuk berita-berita tech teruptodate buat cewek atau Facebook dan Instagram idGeekGirls untuk info blog terbaru dan giveaway.

RelatedPost

One thought on “Cara termudah membuat screenshot panjang di Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *