idGeekGirls Next Door: Hasna Tsaniya Rananti

hasna tsaniya rananti_nightspade_idgeekgirls next doorHasna Tsaniya Rananti atau yang biasa dipanggil Nia adalah seorang produser game dan tim marketing di Nightspade Game Studio. Nightspade adalah tempat kerja pertama Nia, dan masih bertahan sampai saat ini. Nia sendiri sangat mencintai pekerjaannya yang menurutnya masih jarang, menantang dan tentu saja menarik. Uniknya, pekerjaan Nia sekarang mungkin jauh sekali dari harapannya dulu.

Sejak kecil Nia suka menggambar sketsa fashion. Harapannya memasuki jurusan kriya tekstil, tetapi justru terdampar di jurusan DKV. Setelah lulus Nia ingin bekerja di agensi iklan, ternyata justru menemukan kesenangan di perusahaan game mobile yang diakuinya mulai dikenalnya pada saat mengerjakan tugas akhir untuk kelulusan S1 nya.

Di tengah kesibukannya memastikan game produksi Nightspade selesai tepat waktu, plus kesana-sini mempromosikan Nightspade, Nia saat ini juga tercatat sebagai mahasiswi S2 di jurusan Game Teknologi & Digital Media di ITB, Bandung. Kenalan yuk sama idGeekGirls Next Door kita minggu ini yang super sibuk

Tentang inspirasi
Karena pekerjaan seperti ini masih baru dan jarang di Indonesia, awalnya emang mau nyobain aja. Eh ternyata semakin kesini semakin seru juga.

Tentang Nightspade
Karena pengalaman organisasi saya, awalnya saya ditunjuk sebagai Marketing & PR di Nightspade. Setelah setahun, saya ditugaskan sebagai Game Producer. Waktu jadi Marketing saya harus bertemu banyak orang asing (english is a must 😉 ), orang penting di industri game, rapat keliling Jakarta bahkan keluar negeri. Saya pernah harus ke kantor Microsoft Singapura sendirian dan ketemuan sama bos besar disana. Campur aduk antara tegang, takut kesasar, takut keliatan anak cupu.

hasna tsaniya rananti_nightspade_idgeekgirls next door_01

Bersama teman-teman Nightspade di acara penghargaan Inaicta

Tentang resiko
Pada saat saya terjun ke dunia desain banyak yang mempertanyakan mau jadi apa nanti. Hal ini membuat saya ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa industri kreatif lah yang akan menjadi salah satu industri berpengaruh di nasional dan internasional.

Tentang kesuksesan
Orang yang yang bisa membuat saya mencapai kesuksesan seperti ini selain orang tua saya adalah kakak sepupu saya yang bernama Amata Fami. Kak Amata lah yang mendorong saya untuk terjun ke dunia desain, membantu saya di awal kehidupan saya di Bandung sampai bersedia berbagi kamar kos. Saya juga tidak pernah lupa untuk berdoa.

Tentang Kepemimpinan dan kerja sama
Setelah menjadi produser, saya menyadari bahwa ternyata tantangannya lebih berat. Selain kemampuan manajemen waktu, manajemen komunikasi tim dan klien, saya juga harus mampu memprediksi tren game di pasar. Kuncinya jadi fast learner dan jangan malu bertanya. Saya ingin menjadi sosok pemimpin yang bisa menjadi pegangan dalam sebuah tim dan dapat mengambil keputusan dengan bijaksana. Kerjasama sendiri bagi saya adalah bisa bekerja selaras, dapat menerima pendapat orang lain dan tidak memaksakan kehendak sendiri.

hasna tsaniya rananti_nightspade_idgeekgirls next door_02

Bersama teman-teman dari industri game di acara StartUp Asia 2013

Tentang pencapaian
Pencapaian terbesar sekaligus pengalaman paling menyenangkan saya selama bersama Nightspade adalah saat menjadi pembicara di depan 50.000 entrepeneur muda di Gelora Bung Karno dan juga pembicara di acara TEDx ITT.

Tentang impian
Siapa lagi yang bisa melakukan perubahan kalau bukan dari orang-orang seperti kita. Saya bersyukur lahir di keluarga yang cukup dan dapat mengenyam pendidikan yang layak, jadi saya tidak ingin menyia-nyiakan sedikitpun apa yang sudah saya dapatkan. Kedepannya saya ingin menjalankan usaha sendiri dan terus menginspirasi orang lain.

Tips untuk sukses di industri game?
Tetap teguh dan fokus. Be strong, be bold dan terus belajar. Industri apapun yang sedang kamu tekuni sekarang pasti ada manfaat kedepannya.

Apabila bisa memutar waktu?
Setelah lulus saya baru memahami pentingnya berorganisasi , karena teman-teman organisasi lah yang membuka peluang buat saya sekarang. Karena itu, jika bisa memutar waktu, saya ingin lebih banyak mengikuti organisasi saat di kampus. Bertemu dengan orang-orang baru yang inspiratif.

hasna tsaniya rananti_nightspade_idgeekgirls next door_03

Mendapatkan Plakat dari acara Natamorta, ITB, Bandung

Tentang Hasna Tsaniya Rananti (Nia)

  • Datang dari Jakarta
  • Tidak bisa lepas dari iPhone
  • Suka pergi ke Periplus dan menonton serial TV untuk melepas stress
  • Saat ini sedang memainkan: Clash of Clans, Hayday dan Brave Frontier
  • Senang merawat kulit dengan Etude dan Wardah, karena banyak teman yang kerja disana
  • Ingin dikenal sebagai orang yang rendah hati
  • Contact me at hasna.tsaniya[at]gmail[dot]com, Twitter, Line: Hasna Tsaniya & LinkedIn

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1