Geek Girl You Should Know: Ann Friedman

idgeekgirls_ann-friedman_00

Seberapa banyak orang yang menjadi terkenal karena newsletter?. Pastinya tidak banyak. Apalagi karena pengguna newsletter kebanyakan adalah perusahaan yang hendak mengirimkan berita terbaru atau promosi kepada konsumennya. Sejujurnya idGeekGirls pun tidak mengenal satupun newsletter selebriti, sampai idGeekGirls membaca tentang Ann Friedman yang memiliki 15.000 orang yang mendaftar untuk menerima newsletter dari nya.

Ann yang lebih dikenal sebagai penulis feminisme dan kolom politik memulai karier jurnalistiknya sebagai penulis lepas. Melanjutkan kariernya di majalah Mother Jones lalu berpindah ke majalah GOOD, lalu mendirikan majalah Tomorrow setelah dirinya dan seluruh editor di majalah GOOD dipecat. Kariernya sebagai penulis online di AlterNet, Feministing, lalu menjadi web editor untuk The American Prospects. Karya Ann Friedman sebagai penulis lepas pernah diterbitkan oleh Rolling Stone, The New Republic, Newsweek, Glamour, ELLE, and Columbia Journalism Review.

Ms. Friedman juga aktif dalam digital dan sosial media. Selain sebagai pengguna Instagram yang aktif, dia juga mengurus akun Tumblr bernama Lady Juornos yang banyak membahas mengenai pencapaian para jurnalis perempuan dan seksisme di dunia kerja. Ann adalah pecinta animasi GIF dan merupakan penggerak penggunaan animasi GIF dalam jurnalisme. Dia juga banyak menggunakan pie chart dalam tulisannya, dan mulai membuat podcast.

idgeekgirls_ann-friedman_01

Ann Friedman membuat dan mengirimkan newsletter sebagai bentuk pertanggungjawaban pribadi atas hal-hal yang dia konsumsi dan hasilkan. Isi newsletter nya sendiri adalah campuran antara hal-hal yang sudah dia publikasikan, baca, tonton dan dengarkan selama seminggu sebelumnya. Yap, benar geekgals, bahkan dengan kesibukannya yang super padat Ms. Friedman masih sempat membuat newsletter dan mengirimkannya setiap minggu. Mengagumkan bukan?

Apa sih yang membuat newsletter Ann Friedman demikian memiliki banyak pembaca?. Menurut Ann  sendiri, Ia bermaksud membuat newsletter yang menyenangkan dan tidak monoton. Ia menginginkan pembaca newsletternya membacanya dari awal sampai akhir, karena itulah Ia menuliskan dengan gaya personal agar tidak terasa seperti ditulis oleh robot. Apabila Ms. Friedman membuat survei, ia akan membuatnya menggunakan animasi GIF. Selain itu, newsletter Ann sampai sekarang masih bersih dari iklan, dan ia sama sekali tidak memiliki rencana untuk menggunakan newsletternya untuk jalan mencari uang dengan memasukkan iklan didalamnya.

idgeekgirls_ann-friedman_02

Contoh Pie chart yang dimasukkan Ann Friedman ke dalam newsletter nya.

Apakah geekgals salah satu subscriber newsletter Ann? Kalau belum, mungkin sekarang waktu yang tepat untuk geekgals menjadi subscriber newsletter Ms. Friedman. Menurut Ann Friedman sendiri, berdasarkan survei yang ia lakukan, 90% subscriber newsletter nya adalah perempuan. Penulis yang memiliki 13.500 pembaca setia perempuan pasti layak diikuti bukan?. Dan kalau sudah mendaftar ke newsletter Ann Friedman, jangan lupa untuk subscribe newsletter idGeekGirls (klik disini) juga ya, karena idGeekGirls juga memanfaatkan newsletter untuk mengirimkan berita terbaru, undangan event atau kesempatan berkolaborasi.

Source: newscred.com

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1