Roominate, Mainan Edukasi Teknik Yang Akan Menghasilkan Inovator Perempuan

Ayo berkenalan dengan Alice Brooks dan Bettina Chen. Berdua, mereka adalah co-founder dari perusahaan yang berspesialisasi dalam merancang dan memproduksi mainan untuk anak-anak perempuan yang dinamakan Roominate. Apa bedanya Roominate dengan mainan anak-anak pada umumnya?. Roominate adalah mainan yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang selalu menghantui Alice Brooks sejak lama:

can a toy inspire the next generation of young girls to love science, technology, engineering and math?

roominate_id geek girls blog

Pada saat Alice masih kecil, ia menginginkan rumah boneka. Alih-alih membelikannya, ayahnya justru memberikan Alice sebuah gergaji dan Alice kecil membangun sendiri rumah bonekanya. Sedangkan Bettina kecil senang bermain Lego dengan saudara laki-lakinya. Tumbuh dewasa, Alice berkuliah di jurusan Mechanical Engineering di MIT. Lalu Ia melanjutkan kuliahnya ke Stanford. Di Stanford pulalah ia bertemu dengan Bettina.

Keduanya kecewa karena melihat betapa sedikitnya jumlah perempuan yang belajar dan bekerja di jurusan teknik. Mereka percaya bahwa masalahnya dimulai semenjak kecil. Mereka berpendapat bahwa mainan yang dijual untuk umum, terutama mainan untuk anak perempuan, tidak menginspirasi anak-anak perempuan untuk menyukai hal-hal teknikal.

Berdasarkan visi untuk menciptakan mainan yang akan menghasilkan perempuan-perempuan inovator dalam bidang teknologi, ketiga sahabat ini membangun Roominate. Roominate adalah permainan rumah boneka yang memungkinkan anak-anak perempuan membangun miniatur ruangan-ruangan yang interaktif dengan menghubungkan jaringan sirkuit listrik sederhana.

roominate restaurant_id geek girls blog

Modal awal Roominate didapatkan melalui Kickstarter. Mereka mentargetkan untuk mendapatkan US$25,000 dan justru mendapatkan backup sebesar US$85,965. Seluruh dana digunakan untuk mengembangkan perusahaan yang dinamakan Maykah dan produknya Roominate. Tampaknya Roominate mendapatkan sambutan yang hangat dari target pasarnya. Karena website mereka dipenuhi oleh foto-foto anak-anak kecil yang tampak serius dan bersemangat mengerjakan miniatur ruangan mereka.

Geekgals tidak perlu khawatir dengan tingkat keamanan Roominate. Karena Roominate sudah melalui semua standar keselamatan untuk mainan di Amerika Seikat yang melibatkan tes fisik, mekanik, kimiawi dan pembakaran. Untuk menghindari anak-anak tersetrum semua kabel dilapisi dengan seksama untuk menghindarkan anak-anak menyentuh bagian logam dari kabel.

Sayangnya, Roominate belum melayani pengiriman internasional. Tetapi idGeekGirls berani menjamin bahwa para geekgals Indonesia yang super kreatif pasti sudah punya beberapa ide untuk membuat mainan teknik kreatif untuk anak atau ponakan geekgals. Semangat ya. Siapa tahu anak atau ponakan geekgals menjadi inovator terkenal pada saat mereka sudah dewasa nanti.

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1