Subscription Box, Bisnis Menjual Kejutan Yang Dijamin Menyenangkan

Kenapa hari ulang tahun sangat menyenangkan?. Salah satunya pasti karena hadiah dan kejutan yang disiapkan oleh orang-orang terdekat geekgals. Masalahnya, kejutan biasanya mahal dan tidak mudah. Terus menerus mengharapkan orang lain memberi kejutan pasti tidak mungkin. Tapi memberikan kejutan untuk diri sendiri juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

birchbox_box-subscription_id-geek-girls-blog_1

Untunglah sekarang ada jenis bisnis subscription box. Praktis, murah dan menyenangkan. Tiga alasan yang sangat menjelaskan mengapa subscription box, bisnis penjual kejutan, menjadi tren. Praktis, yang geekgals butuhkan hanya komputer, internet dan rekening bank. Murah, misalnya saja BeautyTreats yang mampu mengirimkan hingga belasan produk kecantikan (dicampur antara sampel dan ukuran normal) dengan biaya berlangganan Rp.125.000,00/box. Terkesan sangat jauh lebih murah dibandingkan membeli satu-satu ke toko. Menyenangkan, ya, siapa sih yang tidak suka kejutan?.

Begini caranya untuk ikutan subscription box service :

vanity-trove_box-subscription_id-geek-girls-blog_3

  1. Pilih bisnis subscription box yang geekgals sukai dan percaya. Kebanyakan bisnis subscription box berlokasi di Amerika Serikat atau Eropa. Tapi penelitian idGeekGirls menemukan bahwa jenis bisnis ini mulai merambah Asia dan Australia.
  2. Baca benar-benar halaman F.A.Q dan terms & conditions dari bisnis yang akan geekgals gunakan. Kedua kategori tersebut akan menjelaskan antara lain jenis pembayaran yang mereka gunakan, biaya shipping, metode pengaduan hingga pengembalian uang atau cara berhenti berlangganan.
  3. Ada beberapa bisnis subscription box yang berfokus pada satu kategori saja, misalnya produk kecantikan. Ada juga yang memiliki banyak kategori.
  4. Apabila kategorinya menyangkut tubuh, misalnya yang menawarkan perawatan kulit atau makanan, biasanya bisnis tersebut juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan dan alergi. Hasilnya akan digunakan untuk mensortir produk. Apabila pertanyaan tersebut tidak ada, idGeekGirls sangat sarankan agar geekgals menanyakan kepada bisnis yang bersangkutan.
  5. Berdasarkan pada pilihan kategori, harga paket dan data-data lainnya yang geekgals berikan, bisnis tersebut akan memilihkan produk-produk yang lalu disatukan kedalam satu kotak dan dikirimkan ke geekgals secara teratur.
  6. Geekgals hanya perlu menunggu, mengambil box kejutan di kotak pos, membukanya dan … surprise!

Di luar negeri, subscription box service sudah menjangkau banyak sekali kategori. Dari yang paling umum seperti make-up dan fashion, hingga yang niche seperti kategori barang vintage, mom-to-be, perawatan tubuh dan fashion pria, berkebun, DIY dan masih banyak lagi.

beauty-treats_box-subscription_id-geekgirls-blog_2

Di Asia sendiri, tampaknya kategori beauty box merajai. Indonesia punya BeautyTreats. Pilihan di negara lain antara lain Lusthaveit, Bellabox (Australia), VanityTrove (Singapura) dan Glamabox (HongKong). BeautyTreats digagas oleh Rebecca Reijman, seorang penyanyi, aktris dan model asal Belanda. Harga langganan yang ditawarkan BeautyTreats sangat terjangkau, dan kuantitas produk yang dikirimkan juga terhitung banyak apabila dibandingkan dengan subscription box lainnya. BeautyTreats menyatakan mampu mengirimkan keseluruh Indonesia dan pembayaran dapat dilakukan dengan transfer antar bank. Wow! menarik sekali bukan?

Apa geekgals tertarik untuk mengikuti subscription box? atau mungkin malah langsung terpikir untuk membuat startup subscription box?. Yang manapun yang geekgals pilih, idGeekGirls tunggu ya cerita menyenangkannya. Selamat menerima kejutan.

Source: Fimela ; Source: SGentrepreneurs

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

2 Responses

  1. Nina says:

    VanityTrove juga udah ada di Indonesia sejak awal tahun ini. Selain itu ada beauty box lokal namanya Lolabox yang launchingnya barengan sama Beauty Treats.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1