Tips Menjaga Harga Jual Gadget

Sebagai orang Indonesia, apabila kita ingin membeli gadget baru maka biasanya yang duluan kita lakukan adalah menjual gadget lama. Yap, Indonesia, seperti juga kebanyakan negara berkembang, merupakan pasar yang sangat bagus untuk barang bekas. Tidak sedikit orang yang sampai berganti gadget 3-4 kali dalam setahun dengan sistem jual bekas-beli baru ini.

harga gadget_id geek girls blog

Apabila geekgals memang berniat menjadikan di gadget lama sebagai modal untuk membeli gadget baru, sayang sama gadget saja tidak cukup. Namanya barang dipakai, pasti lama-kelamaan akan rusak. Nah, beruntung MakeMac berbagi cara untuk mendongkrak harga jual gadget bekas. Nggak cuma buat gadget Mac saja lho, tips ini pastinya bisa diaplikasikan untuk gadget merk apapun.

Body Indah dan Mulus

Semua orang pada saat membeli sebuah barang, apalagi barang bekas, akan menilai berdasarkan sampulnya. Sayangnya, tren gadget dengan body logam sangatlah menyebalkan karena logam sangat mudah baret dan penyok. Apabila geekgals ingin menyelamatkan body si gadget, tidak ada pilihan selain selalu melindungi gadget geekgals dengan skin atau cover yang layak agar tetap mulus saat dijual.

Kualitas Display

harga gadget scratch_id geek girls blog

Anti gores wajib hukumnya agar bagian display tetap mulus tanpa gores. Yang sulit adalah adanya dead pixel di display. Banyak yang percaya bahwa dead pixel diakibatkan oleh display gadget tertekan atau overheating. Apapun sebabnya, karena untuk menghilangkan dead pixel dibutuhkan penggantian display jadi sebaiknya geekgals berikan perhatian pada garansi gadget. Perbaiki langsung display yang mengalami dead pixel apabila masih berada dalam waktu garansi.

Kelengkapan

Kemasan, charger, earphones, dock, buku panduan, kartu garansi harus lengkap dan dalam kondisi layak pakai. Untuk gadget non-apple, nomer imei/nomer seri di gadget dan di kardus harus sama dan mungkin ada baiknya untuk menyimpan juga bon pembelian. Sedangkan untuk gadget apple bisa menggunakan app iPhoneFrom untuk mengetahui tanggal dan lokasi pembelian gadget.

Berikan Bonus

harga gadget casing pouch_id geek girls blog

Geekgals bisa memberikan casing atau pouch gadget sebagai bonus. Apabila bermerk terkenal, untung-untung bisa mendongrak harga jualnya. Tapi, apabila geekgals memang berencana untuk menjual gadget geekgals, pastikan aksesorisnya androgyny. Karena kalau semua aksesoris gadget geekgals berwarna pink dan bermotif bunga-bunga, kalau ternyata pembeli gadget geekgals adalah laki-laki, dia juga tidak akan mau memakainya.

Jujur ya

Jujur mengenai status gadget geekgals mungkin bisa menurunkan harga jual, tapi tentu akan menghindarkan dari keributan dimasa depan karena kondisi gadget dibawah harapan pembeli. Apabila gadget geekgals usianya sudah diatas 3 tahun, justru aneh apabila gadget tersebut belum pernah jatuh atau perbaikan kecil 1-2 kali. Konsumen biasanya justru curiga pada gadget yang kondisinya terlalu sempurna. Jadi, jujur saja ya.

Ganti Tas GeekGals

harga gadget bag_id geek girls blog

Dengan berat hati, tas perempuan yang berukuran besar bukanlah barang yang bagus untuk menyimpan gadget. Berbeda dengan tas laki-laki yang biasanya berbentuk kotak dan banyak kantung, tas perempuan biasanya berbentuk membulat dengan sedikit kantung. Akibat barang tertumpuk-tumpuk dan terguncang-guncang. Penulis idGeekGirls sendiri harus merelakan iPad, iPhone dan power bank rusak gara-gara tas perempuan. Kalau geekgals benar-benar sayang gadget, baiknya gunakan tas yang memiliki kompartemen khusus untuk gadget.

Jangan Jual di Toko

Aturan dasar yang harus dipatuhi setiap geekgals. Toko cenderung membeli gadget dengan sangat murah karena mereka harus mendapatkan untung saat menjualnya lagi. Untuk mengetahui harga pasar, geekgals bisa pura-pura hendak menjual gadget atau pura-pura hendak membeli gadget bekas. Dengan demikian, geekgals bisa tahu harus menjual kembali dengan harga berapa.

Nah, itu dia tips-nya. Mudah-mudahan berguna untuk geekgals yang sekarang sedang siap-siap menjual gadget untuk modal membeli yang baru. Ada tips lainnya? Tambahkan donk di comment.

Source: MakeMac


Artikel ini adalah bagian dari program cross-contributor antara Blog idGeekGirls dengan MakeMac. Artikel ini ditulis oleh Hendra Saputra dan pertama kali diterbitkan di blog MakeMac pada tanggal 29 Mei 2013

Related Post

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

2 Responses

  1. Azmi says:

    Terima kasih artikel2nya, pas dengan yang lagi kita butuhin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1