Lakukan Hal-Hal Berikut Ini, Dijamin Hacker Akan Mencuri Data Kamu

Pernahkah akun jejaring sosial atau email geekgals diretas?. Peretasan atau hacking jejaring sosial sudah menjadi hal yang sangat umum terjadi. Terkadang, si pemilik akun bahkan tidak menyadari kalau akunnya diretas sampai teman-temannya memberitahukan. Masih untung apabila akun yang diretas hanya digunakan untuk men-spam iklan produk tertentu. Karena dalam banyak kasus akun yang diretas justru digunakan untuk melakukan penipuan atau menyebarkan konten terlarang.

Walaupun sangat merugikan, kenyataan di dunia nyata menunjukkan bahwa hampir tidak ada hacker yang pernah dituntut (apalagi ditangkap polisi) karena melakukan peretasan akun jejaring sosial. Karena itulah sebagai pemilik akun email dan jejaring sosial, adalah sepenuhnya tanggung jawab geekgals untuk menjaga keamanan akun-akun tersebut.

lone-hacker-in-warehouse-by-brian-klug_id-geek-girls-blog

Sayangnya, kebanyakan orang tidak sadar bahwa seebenarnya merekalah yang membantu para hacker melakukan peretasan. Umumnya orang merasa cukup aman apabila telah menggunakan password yang panjang, rumit dan berbeda-beda untuk akun email dan jejaring sosialnya tanpa menyadari bahwa reset dan mengubah password akun email dan jejaring sosial orang lain adalah semudah membalik telapak tangan bagi para hacker. Beruntung Hongkiat membuat daftar hal-hal yang dapat tidak kita lakukan agar tidak berakhir menjadi pembantu para hacker. Ini dia daftarnya:

Menyadari Bahwa Tidak Ada Yang Aman Dari Peretasan

Peretasan adalah kegiatan yang direncanakan untuk mencari akun-akun yang memiliki banyak celah, lalu memanfaatkan celah tersebut untuk menciptakan rentetan peretasan terhadap akun-akun lainnya yang saling berhubungan.

Biasanya, hacker akan memulai dari akun email atau akun jejaring sosial. Akun email dan jejaring sosial yang populer dan sering digunakan biasanya saling dihubungkan oleh pemiliknya. Tetapi hal ini justru memudahkan hacker untuk melakukan pekerjaannya. Setelah hacker berhasil meretas Facebook geekgals, lalu dia mendapatkan data email dan twitter geekgals yang lalu diretas belakangan, ternyata geekgals adalah admin dari akun twitter kantor geekgals, berikutnya mereka akan meretas akun twitter, facebook dan email kantor geekgals, dan seterusnya dan seterusnya.

Keamanan Email

Apabila geekgals adalah pengguna layanan email Gmail, ada baiknya geekgals mengaktifkan fitur two-factor authentication yang membuat geekgals akan menerima pemberitahuan via telepon apabila ada akses mencurigakan atas akun email geekgals. Hal ini penting, karena banyak kegiatan peretasan dimulai dengan meretas akun email.

Facebook Profile

Sebagai jejaring sosial yang sangat populer, bukan hal yang aneh apabila banyak orang yang berusaha melengkapi data pribadi mereka selengkap-lengkapnya. Dan, ini juga difasilitasi oleh Facebook. Karena biasanya orang menggunakan username, email dan password yang sama untuk semua akunnya, maka pekerjaan hacker akan selesai dengan segera.

Untuk keamanan, sebaiknya jangan membagi terlalu banyak di Facebook Profile. 1-2 link ke akun jejaring sosial favorit geekgals tentu saja boleh, tetapi tidak perlulah sampai menuliskan semua data email, YM, Skype, Whatsapp, KakaoTalk, bb-pin, nomer telepon apalagi alamat dan nomer rumah. Kalau seperti ini jangan-jangan bukan cuma hacker yang tertarik, tapi stalker juga.

Sistem Account Recovery

Semua orang yang pernah lupa password-nya pasti pernah melakukan permintaan Account Recovery. Geekgals hanya perlu memasukkan alamat email dan menjawab pertanyaan security, lalu jejring sosial tersebut akan mengirimkan email konfirmasi perubahan password ke email geekgals.

Ternyata, justru fasilitas inilah yang dimanfaatkan oleh para hacker. Mereka hanya perlu meretas email tertentu yang di-link ke akun jejaring sosial, lalu meminta account recovery dengan menggunakan email yang sudah diretas dan jawaban dari security questions yang kadang bisa dengan mudah ditemukan di isi akun tersebut. Dengan menggunakan metode ini, tidak aneh apabila akun jejaring sosial yang diretas lalu digunakan untuk kegiatan kejahatan biasanya adalah akun yang dimiliki oleh orang yang tidak pernah membuka emailnya, sehingga mereka tidak menyadari adanya email-email mencurigakan.

Security Questions Yang Tidak Secure

Walau kita sudah diingatkan untuk jangan berbohong, pada saat menjawab security questions mungkin waktu yang paling tepat untuk berbohong. Sangat tidak dianjurkan untuk memberikan jawaban yang jujur bagi security questions akun jejaring sosial karena jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di dalam akun itu sendiri. Misalnya saja geekgals memilih pertanyaan “sebutkan nama hewan peliharaan kamu” dan geekgals terus-menerus memposting foto-foto kucing peliharaan geekgals lengkap dengan nama dan panggilan kesayangannya. Hmm, sangat tidak bijaksana bukan?.

Tidak Mengaktifkan Fitur Keamanan Hosting

Apabila geekgals ingin memulai website geekgals sendiri, jangan pernah lupa untuk menanyakan fitur keamanan yang disediakan oleh penyedia jasa hosting yang akan geekgals gunakan. Penyedia jasa hosting menyediakan fitur-fitur keamanan, ada yang disediakan gratis tetapi biasanya fitur keamanan yang lebih kuat tentu saja berbayar. Fitur ini sangat penting terutama bagi website komersial seperti toko atau brand karena memuat banyak data penting yang harus dilindungi seperti email, nomer telepon atau nomer kartu kredit.

idGeekGirls sendiri memilih mempercayakan website idGeekGirls kepada NiagaHoster. Kesal khan kalau geekgals masuk ke website idGeekGirls yang ternyata sudah diobrak-abrik hacker?. Nah, karena technical support NiagaHoster bisa dikontak kapanpun melalui telepon atau email kalau idGeekGirls merasa ada kegiatan yang mencurigakan di website idGeekGirls bisa langsung dilaporkan.

Pelayanan Customer Service

Banyak orang yang sangat mempercayai Customer Service via telepon. Biasanya pelayanan macam ini disediakan oleh brand besar misalnya bank atau asuransi. Berdasarkan kepercayaan inilah banyak orang memilih untuk menghubungi Customer Service apabila terjadi sesuatu dengan akunnya. Sayangnya, sebesar apapun kepercayaan geekgals terhadap Customer Service mereka adalah orang-orang yang tidak pernah bertemu dengan geekgals, tidak tau seperti apa suara geekgals.

Customer Service akan memberikan data apapun yang diminta apabila penelepon mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan tepat. Dan umumnya pertanyaan ini adalah tanggal ulang tahun (bisa dilihat di akun Facebook) dan nama ibu kandung (bisa dilihat di daftar keluarga yang akun Facebook). Beberapa akan menanyakan alamat dan nomer telepon yang juga bisa di-googling.

Jadi, apakah akun email dan jejaring sosial geekgals sudah aman?. Share tips dan trik geekgals untuk meningkatkan keamanan akun online di comment ya.

Advertorial

Source: Hongkiat

Photo courtesy of Brian Klug on Flickr

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1