Tips Untuk Mencari Aplikasi Pendidikan Buat Anak di Apple App Store

Geekgals yang sudah menjadi ibu mungkin membeli iPad karena percaya bahwa anak-anak bisa mendapatkan manfaat dari berbagai aplikasi pendidikan yang ada di App Store. Namun pada kenyataannya, kadang-kadang geekgals kesulitan mencari aplikasi yang layak untuk dibeli.

Kesulitan mencari aplikasi yang pas ini bukanlah karena jumlah aplikasi pendidikan di App Store minim. Sebaliknya, pendidikan adalah kategori dengan jumlah aplikasi terbanyak kedua setelah game.

ipad apps for kids_id geek girls blog x makemac

Sebagai seorang ayah yang mengulas tentang aplikasi pendidikan setiap hari, saya bisa meyakinkan geekgals semua bahwa App Store mempunyai banyak sekali aplikasi yang dirancang untuk anak-anak, bahkan untuk usia dini antara 9–18 bulan. Saya akan coba membagikan sedikit tips yang dapat geekgals gunakan untuk mencari aplikasi yang sesuai untuk buah hati geekgals.

1. Perhatikan Dua Kategori Saja

Ada dua kategori utama yang harus diperhatikan, yaitu “Pendidikan” dan “Buku”. Meskipun ada beberapa developer yang menaruh aplikasi mereka dalam kategori “Game”, jumlah mereka tidaklah banyak.

Jadi jika geekgals ingin menghemat waktu, disarankan geekgals mencari aplikasi buat anak-anak geekgals hanya dalam dua kategori ini.

2. Rajin Cek App Store Setiap Minggu

Apple secara reguler selalu melakukan penyegaran isi App Store, tepatnya setiap hari Jumat pukul 5 pagi WIB. Perubahan ini terutama yang terkait dengan aplikasi unggulan maupun aplikasi baru yang dipromosikan oleh Apple.

3. Cari Ulasan Sebelum Membeli

ipad apps for kids_id geek girls blog x makemac_01

Saat geekgals menemukan aplikasi yang geekgals inginkan, disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pencarian di Google untuk mendapatkan ulasan-ulasan mengenai aplikasi tersebut. Sebagai contoh, jika geekgals ingin mengetahui apakah aplikasi buku cerita berjudul “Zoe’s Green Planet” sesuai dengan deskripsi yang tertera di App Store, geekgals bisa menambahkan kata kunci “App Review”, seperti ini: “Zoe’s Green Planet App Review”.

Diharapkan dengan membaca beberapa ulasan mengenai aplikasi yang ingin geekgals beli, geekgals dapat memperoleh informasi yang mendukung keputusan geekgals untuk jadi membeli app tersebut atau tidak.

4. Ketahui Tempat Bagi-Bagi Diskon

Ada sebuah website yang memfokuskan diri sebagai pusat informasi diskon untuk aplikasi pendidikan, bernama App Friday Party. Setiap hari Jumat, banyak pengembang aplikasi akan mempromosikan aplikasi mereka di website ini.

Di website ini, geekgals dapat menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang gratis ataupun diskon minimum 50%. Akan tetapi diskon ini biasanya hanya tersedia dalam waktu yang terbatas, jadi sebaiknya geekgals bersiap-siap antara pukul 2 siang sampai dengan pukul 8 malam WIB di setiap hari Jumat agar Anda tidak melewatkan masa promosi ini.

Saya percaya bahwa salah satu tugas orang tua adalah memberikan stimulasi pendidikan yang sesuai buat anak-anak mereka. Mudah-mudahan beberapa tips di atas dapat membantu geekgals untuk menyediakan konten dan media pendidikan yang terbaik buat si kecil.

Source: MakeMac


Artikel ini adalah bagian dari program cross-contributor antara Blog idGeekGirls dengan MakeMac. Artikel ini ditulis oleh Eric Pramono dan pertama kali diterbitkan di blog MakeMac pada tanggal 5 April 2013

Related Post

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1