Mengapa EA Memilih Game Freemium Dibandingkan Premium?.

“Game yang kamu mainin itu free, freemium atau premium?”, waduh apa pula ya maksudnya. idGeekGrls yakin kalau geekgals pasti sudah pernah mendengar istilah-istilah tersebut. Istilah tersebut baru muncul setelah boomingnya industri game mobile.

premium game freemium_id geek girls blog

Supaya geekgals nggak makin bingung, idGeekGirls jelaskan deh perbedaannya:

  • Game Free, artinya seluruh bagian dari game tersebut gratis. Mulai dari download pertama kali, semua level dan semua karakter bisa dimainkan dengan gratis. idGeekGirls rasa, hampir tidak ada game yang benar-benar free. Kalaupun ada, biasanya game-nya tidak bagus dan dipenuhi iklan disana sini. Atau bisa juga game-nya memang merupakan bagian kampanye merek atau partai politik tertentu.
  • Game Freemium, artinya game tersebut bisa didownload secara gratis tapi didalam game ada karakter, aset atau level yang hanya bisa dimainkan apabila dibeli dengan uang sungguhan. Saat ini, hampir seluruh game yang ada di semua app store adalah freemium.
  • Game Premium, artinya geekgals harus membeli game tersebut untuk bisa memainkannya. Biasanya game premium adalah game dari developer game besar yang terkenal dengan game berkualitas sangat tinggi. idGeekGirls pernah membeli beberapa game premium, umumnya didalam game kita tidak perlu membeli apa-apa lagi. Semua karakter dan level sudah terbuka siap dimainkan. Plus, tidak ada iklan.

EA electronic arts_id geek girls blog

Di awal April, blog GameSaku melansir berita bahwa pimpinan EA (Electronic Arts), Nick Earl, membuat pernyataan keras mengenai bahwa mobile gamer lebih menyukai game freemium dibandingkan game premium. Pernyataan ini dikeluarkan setelah EA mendapatkan kecaman dari para gamer setelah EA mengubah game premium berjudul Real Racing menjadi freemium. Padahal game ini sudah banyak yang membeli. Penyebabnya adalah Real Racing kalah dalam menjadi Top Grossing di app store dari game freemium Clash of Clans.

EA electronic arts mobile game_id geek girls blog

Geekgals mungkin mengenal EA melalui The Sims. idGeekGirls melakukan pencarian di Apple App Store dan ditemukan tidak kurang dari 100 game besutan EA. Sebagian besar bisa di download secara gratis, dan hampir dipastikan merupakan game freemium.

idGeekGirls sih memang harus setuju dengan GameSaku, bahwa game freemium memang lebih menyenangkan. Terutama karena kita bisa mencoba dulu game tersebut. Kalau gamenya menyenangkan atau items yang dijual memang bagus-bagus, baru beli. Tapi idGeekGirls juga paham betapa kesalnya para gamer yang sudah membeli Real Racing saat game tersebut dijadikan freemium. Rasanya seperti berhasil membeli sepatu idaman yang sudah pakai menabung berbulan-bulan, ternyata besoknya barang yang sama di discount 70%. Membayangkannya saja jadi kesal.

Kalau geekgals sendiri bagaimana? free, freemium atau premium?.

Source: GameSaku


Artikel ini adalah bagian dari program cross-contributor antara Blog idGeekGirls dengan GameSaku. Artikel ini ditulis oleh Glenn Prasetya dan pertama kali diterbitkan di blog GameSaku pada tanggal 4 April 2013

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1