Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Pada tanggal 18 Mei kita semua merayakan hari museum internasional. Buat idGeekGirls, museum adalah tempat yang sangat menyenangkan karena bisa mendapatkan pengetahuan baru dengan cara yang santai.

Setelah googling sana-sini, akhirnya ketemu juga beberapa museum bertemakan ilmu pengetahuan di Indonesia. Kali ini idGeekGirls mau membahas museum-museum bertemakan iptek yang ada di Indonesia. Ini dia nih

Jakarta

Semua museum bertemakan ilmu pengetahuan dan teknologi di Jakarta terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Museum PP Iptek

museum-pp-iptek-jakarta_id-geek-girls-blog

Museum PP Iptek diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1995. Museum yang berwarna-warni ini memiliki lebih dari 300 diorama interaktif yang dibagi kedalam 14 grup bidang ilmu pengetahuan. Geekgals bisa mencoba dan mengalami sendiri diorama disana. Sayangnya idGeekGirls tidak bisa menemukan website resmi museum PP Iptek.

Museum Telekomunikasi

museum-telekomunikasi-jakarta_id-geek-girls-blog

Didepan Museum Komunikasi terdapat Monumen Sumpah Palapa berupa patung Patih Gajah Mada. Monumen ini dimaksudkan untuk mengingatkan pada satelit pertama Indonesia yang dinamakan satelit palapa. Didalam museum, diorama dibagi antara teknologi komunikasi analog dan digital, sejarah dan jenis-jenis alat komunikasi. Kebanyakan diorama berupa statis, tidak interaktif.

Museum Listrik dan Energi Baru

museum-listrik-dan-energi-baru-jakarta_id-geek-girls-blog

Gedung Museum Listrik dan Energi Baru (LEB) sangatlah menarik, karena didesain berdasarkan prinsip struktur atom: satu proton dikelilingi tiga elektron yang berwarna-warni cerah. Museum ini memiliki 619 diorama interaktif dan audio visual mengenai listrik. Penasaran ingin tahu lebih jauh mengenai bahan bakar ramah lingkungan ini? artinya geekgals wajib kunjungi museum satu ini.

Museum Transportasi

museum-transportasi-jakarta_id-geek-girls-blog

Diorama didalam museum transportasi terbagi menjadi kategori kendaraan darat, laut dan udara. Dioramanya sendiri ada yang otentik, tiruan, diorama atau sekerdar foto. Terdapat juga diorama dari kendaraan-kendaraan tradisional dari seluruh wilayah di Indonesia yang umum digunakan sebelum ada teknologi mesin.

Museum Minyak dan Gas Bumi

museum-minyak-dan-gas-bumi-jakarta_id-geek-girls-blog

Sebagai salah satu negara dengan cadangan gas bumi terbesar di dunia aneh apabila Indonesia tidak memiliki museum mengenai minyak bumi. Gedungnya didesain seperti anjungan minyak lepas pantai dan ruang peraga dinamakan anjungan eksplorasi, benar-benar seperti sedang berada di lokasi penambangan minyak. Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai asal mula, teknik tambang dan produksi bensin yang membuat mobil atau motor geekgals bisa menyala, harus cek museum ini artinya.

Jawa Barat

Puspa Iptek

museum-puspa-iptek-bandung_id-geek-girls-blog

Puspa Iptek terletak di dalam kompleks perumahan Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Jawa Barat. Ciri khas dari Puspa Iptek adalah jam matahari (sundial) raksasa yang dicatat MURI sebagai terbesar di Indonesia. Diorama-nya tidak berbeda jauh dengan Museum PP Iptek, tapi Puspa Iptek lebih banyak diiklankan sebagai obyek wisata untuk anak-anak. Selain diorama interaktif, Puspa Iptek juga memiliki program-program workshop yang didalamnya juga terdapat kegiatan menonton film 4D dan membuat batik, angklung atau gerabah.

Sangat disayangkan bahwa kebanyakan museum di Indonesia berada dalam kondisi yang kurang terawat. idGeekGirls pernah mengunjungi beberapa museum yang disebutkan diatas beberapa tahun yang lalu dan banyak diorama yang berada dalam kondisi yang berdebu atau mati. Mudah-mudahan saat ini suasana di museum sudah jauh lebih baik dan menyenangkan.

Kalau geekgals tahu museum lain yang harus masuk ke daftar ini jangan lupa tulis di comment ya. Ditunggu juga lho cerita dari geekgals yang sudah pernah mengunjungi museum-museum ini.

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1