Cross-platform messenger terbaik favorit idGeekGirls

Hanya beberapa tahun yang lalu, telepon genggam digunakan hanya untuk mengirim sms atau bertelepon. Apabila kita butuh melakukan text chatting umumnya akan menggunakan Yahoo! Messenger di komputer. Sekarang lebih banyak orang menggunakan aplikasi messenger di smartphone mereka. Beberapa app messenger dibuat private untuk OS tertentu saja, misalnya BlackBerry Messenger. Tetapi sekarang banyak sekali app messenger yang dibuat agar penggunanya bisa melakukan komunikasi antar OS.

App semacam itu disebut sebagai Cross-platform Messenger. Sangat banyak Cross-platform Messenger tersedia di app store, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya. Pada saat idGeekGirls mencoba cross-platform messenger ini, biasanya masalah disebabkan oleh koneksi internet di Indonesia yang tidak bagus, bukan pada app-nya. Ini dia daftar cross-platform messenger pilihan idGeekGirls:

Skype

Skype pertama kali dirilis pada tahun 2003 dan dibuat oleh tim developer gabungan yang berasal dari Estonia, Denmark dan Swedia. Pada tahun 2011, Microsoft membeli Skype seharga US$8,5miliar. Selain layanan komunikasi teks, suara dan video gratis antar sesama pengguna, Skype juga Memungkinkan untuk panggilan telepon ke telepon rumah atau telepon genggam dengan menggunakan Skype credit. Pada tahun 2010 tercatat Skype memiliki 663juta pengguna dari seluruh dunia. Pada 9 Januari 2013 Microsoft mengumumkan akan menutup Windows Live Messenger dan transisi ke Skype akan mulai dilakukan pada April 2013.

  • Tersedia untuk: Microsoft Windows, OS X, Linux, Android, BlackBerry 10, iOS, Symbian dan Windows Phone.
  • Pro: Cocok untuk geekgals yang memiliki banyak teman atau kolega di Amerika Serikat dan Eropa. Banyak pelaku bisnis di bidang teknologi dan kreatif yang menggunakan Skype untuk komunikasi bisnis. Tersedia untuk banyak sekali platform OS.
  • Kontra: Tidak menyediakan fasilitas dekoratif seperti stiker.

KakaoTalk

KakaoTalk dirilis pada bulan Maret 2010 oleh perusahaan Korea yang berbasiskan di Seoul, Kakao Corp. Pada tahun 2012, KakaoTalk tercatat memiliki 57juta pengguna. Pengguna KakaoTalk dapat melakukan teks message dan voice message secara gratis antar sesama pengguna. KakaoTalk juga menyediakan fitur group chat dan stiker emoticon bergambar karakter-karakter dan selebriti Korea Selatan.

  • Tersedia untuk: iOS, Android, Bada OS, BlackBerry and Windows Phone.
  • Pro: Cocok buat geekgals pecinta hallyu dan punya banyak teman atau kolega di Korea Selatan. Kakaotalk juga melakukan lokalisasi desain dengan bekerja sama dengan desainer-desainer internasional.
  • Kontra: Warna kuning terang yang mendominasi desain user interface nya mungkin tampak mengganggu buat sebagian orang. Stiker artis-artisnya dibuat dalam pose dan desain ‘meledak-ledak’ yang mirip seperti stiker sungguhan di majalah remaja.

Line

Line dilaunching pada Juni 2011 oleh NHN Jepang setelah bencana gempa bumi di Tohoku. Line dibuat setelah NHN menyadari komunikasi telepon terputus sedangkan komunikasi data masih dapat digunakan dan ternyata lebih efisien. Line terus menambahkan fitur pada app-nya dan terakhir menambahkan fitur "Home" dan "Timeline" yang membuatnya lebih seperti jejaring sosial dibandingkan messenger app. Pada Januari 2013, Line dilaporkan memiliki 150juta pengguna.

  • Tersedia untuk: iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Microsoft Windows, Mac OS X.
  • Pro: Line memiliki jejeran stiker dari brand-brand besar di dunia seperti Sanrio, Tokidoki dan Hatsune Miku.
  • Kontra: Beberapa teman idGeekGirls menyatakan kalau daftar percakapan di Line seringkali menghilang/tidak diterima apabila koneksi internet sedang kurang bagus.

WeChat

WeChat adalah app messaging teks dan suara yang yang dikembangkan oleh perusahaan Cina, Tencent. Dalam artikelnya Techinasia menyebutkan bahwa WeChat masuk kedalam daftar 10 app terfavorit untuk platform iOS dan Android. Pada Januari 2013 WeChat memiliki 300juta pengguna. WeChat tersedia juga dalam berbagai bahasa internasional termasuk juga bahasa Indonesia. Seperti juga Line, WeChat memiliki sangat banyak fitur yang membuatnya bisa juga dikategorikan sebagai jejaring sosial.

  • Tersedia untuk: Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan Symbian.
  • Pro: Cocok untuk geekgals yang memiliki banyak koneksi di Cina. Tencent dikabarkan tengah mengembangkan sistem game terintegrasi dengan messenger app nya.
  • Kontra: WeChat tidak tersedia untuk iPad.

Facebook Messenger

Sejak awal, Facebook memiliki fasilitas chat yang terintegrasi didalam website dan app Facebook. Tetapi baru pada 2011 mereka membuatnya sebagai app terpisah dari website Facebook, dan baru pada 2012 pengguna Facebook Messenger dapat membuat akun tanpa harus memiliki akun Facebook. Seperti juga Line, WeChat dan KakaoTalk, Facebook Messenger mendukung stiker emotikon. Saat ini Facebook Messenger masih terus dikembangkan oleh tim Facebook, terutama untuk versi desktop.

  • Tersedia untuk:iOS, Android, BlackBerry, Windows7 dan OS X (dalam pengembangan)
  • Pro: Cocok untuk geekgals yang lingkungannya sosialnya terpusat di Facebook. Stiker super imut yang (sepertinya, untuk saat ini) gratis.
  • Kontra: Tidak tersedia untuk iPad dan Windows Phone. Penambahan fitur tidak berbarengan di semua OS, beberapa OS harus menunggu app update untuk mendapatkan fitur tertentu.

Path

Path awalnya adalah jejaring sosial untuk berbagi foto dan pesan dengan lingkaran pertemanan eksklusif yang dibatasi hanya sebanyak 150 teman saja. App yang salah satu pemodalnya adalah Ashton Kutcher ini awalnya berhadapan langsung dengan Instagram menyediakan fitur filter foto, kini Path juga menyediakan fitur text chatting. Fitur chatting Path juga menyediakan stiker emoticon, yang dijual dalam paket-paket stiker.

  • Tersedia untuk: iOS dan Android.
  • Pro: Cocok untuk geekgals yang lebih privat. Desain stiker dari desainer-desainer kelas dunia yang diseleksi dengan ketat oleh tim Path di Silicon Valley dan Jepang.
  • Kontra: Hanya cocok untuk geekgals yang lingkungan pertemanannya adalah pengguna iPhone, iPad dan Android. Semua stikernya berbayar.

Kalau geekgals sendiri paling suka pakai cross-platform messenger yang mana?. Sharing cerita geekgals di comment ya.

Related Post

2 thoughts on “Cross-platform messenger terbaik favorit idGeekGirls

  1. Walaupun aku cowok, tapi aku sering buka idGeekGirls. Gapapa ya aku komen. Ok, buat aku, paling enak pasti pakai WhatsApp, lebih cepet soalnya. Maaci

    1. Halo Kak Alfi. Terimakasih buat dukungannya untuk idGeekGirls. Gapapa banget donk komen terus. Komen di tiap artikel juga boleh lho, hihihi 😀
      Ditunggu terus komen selanjutnya. Cheers 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *