idGeekGirls Says: Pertimbangan Kami Saat Membeli Gadget Adalah …

Belakangan sedang santer berita mengenai rumor bahwa Apple akan mengeluarkan iPhone dengan low/middle spec yang pastinya harganya juga jauh lebih rendah dibandingkan iPhone yang sekarang ada di pasaran. Apabila kita membeli gadget, seringkali kita terjebak dalam dilema antara harga dengan kualitas. Beli sekarang juga yang low/middle spec dengan harga yang rendah atau menabung dulu untuk bisa membeli yang high spec tapi harganya tinggi.

Untuk idGeekGirls Says kali ini, idGeekGirls tanyakan kepada para geekgals:

Apa yang menjadi pertimbangan kalian saat membeli sebuah gadget?

Hasna

id geek girls says_hasna

Kalo disuruh milih sih lebih pengen punya gadget yang high spec dengan harga yang tinggi tapi dapet gratisan haha 😀 ~just kidding~. Kalau gw sendiri sih tergantung kebutuhan yang memang kita inginkan, kalau memang dengan budget yang kita punya dan ternyata sesuai dengan spec yang kita butuhkan ya pasti donk dibeli. Apalagi kalau bener-bener urgent buat dipakai. Walaupun mungkin menurut orang-orang spec gadget yang kita pakai itu low/middle. Ga peduli juga sih toh kita yang make dan duit-duit kita juga.

Tetapi kalau memang cuma buat gaya-gaya-an dan rela merogoh kocek buat beli yang low/middle ya ngapain juga, nanti sedih juga beli yang murahan eh lemot pas dipake atau desainnya jauh dari elegant. Sama aja kaya beli tas dengan brand terkenal tapi palsu mending beli tas keren tanpa brand, in my opinion loh ya. 😀

Apalagi kaya’ gw ini butuh banget yang bisa foto dengan hasil yang keren dan main game dengan visual super dan say no to lemot yang pastinya bisa bikin emosi pas main…. Mendingan ditabung dulu deh duitnya walaupun mungkin rada lama dan beli sekalian yang emang canggih. Tapi asik juga sih kalo nanti beneran keluar iPhone yang low/middle kan pasti laku keras tuh, kali-kali yang high spec jadi ga laku dan harganya bisa ikutan turun. Gw beli yang high spec aja kali ya haha 😀

Raddini

id geek girls says_raddini

Kalo aku sih gak mau asal dalam memilih gadget, harus sesuai dengan kebutuhan, berasal dari merk yang terpercaya dan harga sebanding dengan fitur yang diberikan. Walaupun harga jadi pertimbangan, tapi bukan jadi yang utama. Mending jangan tanggung-tanggung walau bayar agak mahal dikit tapi spec nya tinggi, performa bagus daripada harga lumayan murah tapi bukan dari merk yang udah terjamin kualitasnya, ujung-ujungnya gampang rusak akhirnya malah rugi dan nyesel deh. Makanya kalo tiap aku beli atau ganti gadget baru mikirnya ampe seabad hahhahaha =))

Ria

id geek girls says_ria

hmmm,pertimbangan memilih gadget adalah DUITnya. No money no gadget. Tapi mari berangan-angan saya punya kebon duit, dan gue bisa beli gadget apa saja yang gue mau, menurut gue sih ada duit ada kualitas tapi kadang yang suka hati-hati banget adalah kadang beberapa gadget nggak sebanding sama uang yang dikeluarkan bahkan pada saat barangnya lebih murah dari gadget yang lain.

Selain harganya, kalau hape, gue pastikan hasil foto kamera handphone tersebut bagus, karena gue suka ambil foto pakai handphone. Kalau gadget lain lebih ke daya tahan pemakaiannya. Selain itu gue harus sangat yakin fungsi dari gadget tersebut terpakai semua dan bisa memenuhi kebutuhan gue. Percuma beli hape yang canggih luar biasa dan mahal tapi cuma di pake buat sms sama telpon, atau karena sedang tren dan semua orang punya. Paling nggak suka denger orang punya gadget yang cukup canggih juga mahal terus ada komentar “ih gue nggak tau bisa begitu, handphone gue cuma gue pake buat telp, sms sama chat, update fb dan twitter” krik krik.

kalo kasus dimana harga gadget ngga sebanding dengan barangnya adalah kejadian waktu gue wisuda S1, temen gue disebelah misuh-misuh karena hape “buah”nya (maap ya nggak sebut merek) nge-hang. Pas gue lihat hape dia adalah hape “buah” edisi paling anyar saat itu dan mahal pula, paling belum ada setahun keluar. Sejak itu hape itu gue black list dari daftar pilihan gadget gue, kalo yang semahal itu 5-6 bulan ngehang, apa jadinya yang lebih murah.

Ika

id geek girls says_ika

Ada harga, ada barang kan ya.
Walau nggak semua barang murah itu jelek, aku percaya brand dengan kualitas oke (say, menurutku salah satunya Apple) itu worth to wait. Artinya, daripada beli murah tapi kualitasnya nggak jelas, lebih baik menunggu sebentar sampai uangnya terkumpul utk beli iPhone beneran. Asal emang diniatin untuk punya. The art of waiting itu rasanya lebih puas lho. Pas kita beli, emang kita mampu beli, dan yang lebih penting, kita beli barang kualitas bagus seperti yang kita mau. Seni menunggu ini biasanya ku-combine dengan trik-trik lain. Misal ya, setelah dianalisis, untuk kebutuhan komunikasiku sekarang, iphone 4 cukup. Nah aku akan beli iPhone 4 pas 4s keluar, biar harganya lebih murah. Jadi pas launching 4s, targetnya udah kekumpul uang utk beli iphone 4.

Gadget itu utamanya sesuai dengan kebutuhan. Kedua, dengan kebutuhan itu, pilih deh kualitas terbaik. Sisanya, ikhtiar dengan nabung hehe.

Sissy

id geek girls says_sissy

Gw tipe orang yang memilih barang berdasarkan desainnya duluan. Kenyaman yang ditawarkan menyusul sebagai bahan pertimbangan kedua. Bahan pertimbangan ketiga adalah spesifikasi. Kalau barang yang diincar harganya terlalu mahal, ya nabung aja dulu sambil nunggu kesempatan diskon. Soalnya kalo gadget khan suka diskon gede-gedean kalau midnight sale atau program kartu kredit atau pembukaan toko baru misalnya.

Ada juga gadget yang gw udah percaya dengan kualitasnya jadi nggak mau ganti merk biarpun banyak yang lebih murah. Misalnya buat mouse sudah bertahun-tahun gw selalu pake Microsoft. Kalau yang lama rusak, gantinya merk yang sama lagi. Sampe bela-belain ke Jakarta cuma untuk beli mouse.

Kalau iPhone gw pilih karena waktu itu untuk kantor sudah pakai Mac, jadi pemikirannya waktu itu supaya lebih gampang sync. Kesininya, ternyata lingkaran pertemanan gw semuanya pakai iPhone, jadi makin nggak pernah ganti. Waktu beli dulu nabungnya mulai dari iPhone4 pertama diumumkan sampe akhirnya iPhone4 putih masuk Indonesia, udah jatuh cinta banget ama si putih soalnya. Itu pun gw pilih yg spek nya paling rendah aja dan saat ini nggak ada pikiran buat ganti ke seri iPhone terbaru walaupun iPhone yang sekarang udah keluar-masuk tempat servis terus. Belum kepikiran juga untuk menambah tentengan dengan handphone ber-OS lainnya. Rasanya emang belom butuh sih.

Gina

id geek girls says_gina

Kalo gw semua tergantung kebutuhan dan kemampuan sih yang pasti. Biasanya sebelum milih gadget gw cari tau dulu info yang selengkap-lengkapnya, mulai dari spec, fitur, reviews, dll. Kalo gw rasa semua yang ada di gadget tadi memang gw perluin dan akan kepake, baru mulai lihat ke harganya affordable untuk gw saat itu atau ngga. Kalo make sense dibeli saat itu ya dibeli, kalo kira-kira belom saatnya yang nabung dulu sampe kebeli. Jadi kalo ditanya pilih gadget low/middle spec dengan harga rendah atau gadget high spec dgn harga yg tinggi, gw pilih gadget high spec dgn harga yg tinggi (lagi-lagi kalo memang perlu banget sama gagdet yg dimaksud ya), kalo belom mampu ya tinggal nabung dulu, daripada beli yang tanggung kemudian gak puas nanti ujung-ujungnya nyesel sendiri.

Related Post

sissy

a geek with a brain full of creative thoughts who loves tea, chihuahua, pop-punk music, doodle illustrations and writing.

You may also like...

1 Response

  1. saya setuju sama mba ria di atas.. mau gimanapun kalo ga ada duitnya mah percuma! gausah sok sokan beli hape mahal kalo ga sanggup haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1