Kejahatan Pedofil Mengincar Anak-anak Kecil di Jejaring Sosial Khususnya Facebook

Geekgirls yang punya akun Facebook pasti tidak asing dengan fenomena para Mama yang memposting foto anaknya. Jumlah foto anak mereka yang mereka posting ke Facebook bisa jadi lebih banyak dari portofolio supermodel sekelas Tyra Banks. Setiap hari ada saja foto anak kecil muncul di timeline Facebook. Seringkali kita merasa gemas melihat lucunya anak tersebut, tapi mungkin terkadang kita juga merasa gemas ingin meng-klik tombol “hide” atau meng-“unfriend” sang Mama.

pedofil di facebook 03_id geek girls blog

Mengingat melahirkan seorang anak ke dunia memang bukan proses yang mudah, dapat dimaklumi jika para Mama ini sangat bersemangat mengabadikan setiap perkembangan anaknya.

“Apa yang salah dengan memposting foto anak sendiri di Facebook?, itu hak kita!.”

Tidak jarang tanggapan seperti ini diberikan oleh para Mama yang diingatkan bahwa dunia jejaring sosial bukanlah dunia yang selalu aman bagi anak-anak. Jejaring sosial seringkali disalahgunakan sebagai alat untuk melaksanakan tindak kriminal, dan salah satu tindak kriminal yang dimudahkan dengan adanya Facebook adalah tindakan Pedofil.

Apa itu Pedofil?. Pedofil adalah seseorang yang memiliki orientasi seksual menyimpang, dimana mereka terangsang secara seksual oleh anak-anak yang belum mencapai masa puber. Kasus terburuk adalah mereka berhubungan seksual dengan anak kecil yang biasanya disertai dengan penculikan, penyanderaan dan pemaksaan serta perkosaan. Pedofil tidak memandang jenis kelamin anak. Sebagian dari mereka ada yang hanya menyukai anak perempuan atau laki-laki, namun banyak juga yang menyukai keduanya.

Data pada akun Facebook dapat dengan mudah di manipulasi sehingga para pedofil ini dapat mengubah data mereka (usia, jenis kelamin, sejarah pendidikan, sejarah pekerjaan dan data lainnya) sedemikian rupa agar dapat menimbulkan kesan sebagai orang yang dapat dipercaya dan tidak berbahaya. Apabila para Mama kurang waspada pada pengaturan keamanan akun Facebook atau asal menerima friend request , maka para pedofil ini bisa dengan mudah “menikmati” pemandangan foto-foto anak yang diposting ke timeline Facebook.

Yohana Ratrin Hestyanti,Psi, seorang psikolog yang akrab dipanggil Mbak Jo, menyarankan bagi para Mama untuk tidak naïf menganggap aktivitas di jejaring sosial pasti aman atau foto-foto yang kita unggah pasti tidak akan disalahgunakan oleh orang lain. Pemahaman semacam inilah sehingga para Mama dengan leluasa atau lugu menampilkan foto-foto anak mereka di Facebook tanpa berpikir panjang tentang dampak yang bisa ditimbulkan.

pedofil di facebook_id geek girls blog

pedofil di facebook 02_id geek girls blog

Mbak Jo juga menekankan pentingnya tindakan preventif, dimana Facebook sendiri sudah memfasilitasi keamanan dan perlindungan data pribadi para pemilik akun. Lakukan prosedur keamanan sehingga dapat meminimalisir kejahatan dari jejaring sosial.

Bagi para Mama yang ingin berbagi foto anak di jejaring sosial sebaiknya pilih secara bijaksana foto-foto mana yang cukup aman untuk ditampilkan. Misalnya, hindari menampilkan foto ketika anak sedang mandi atau sedang tidak berpakaian lengkap, berpenampilan seperti orang dewasa atau ada kesan sensual. Tindakan yang ceroboh hingga membahayakan keselamatan anak, secara langsung ataupun tidak langsung, dapat dikategorikan ke dalam maltreatment pada anak lho.

Mari kita semua mulai untuk saling mengingatkan pada orang terdekat mengenai tindakan kejahatan di Facebook ini. Tentu saja idGeekGirls tidak bermaksud membatasi kesenangan atau kebebasan bagi geekgals untuk mengunggah foto-foto anak atau keponakan geekgals yang sedang lucu-lucunya. Tetapi tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati membuat pilihan dan melakukan tindakan yang lebih bijak. Karena teknologi ada untuk memudahkan, bukan untuk membahayakan.

Photo courtesy of cornerstorkbabygifts

Related Post

Guest Blogger

Guest Blogger adalah program idGeekGirls untuk para blogger dan startup yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui artikel di idGeekGirls. Silakan cek www.idgeekgirls.com/contact-us untuk mengetahui lebih banyak mengenai program ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UA-75327195-1